Scroll to top

Tidak bisa berhenti makan? Bereskan dulu rumahmu!


- June 27, 2016 - 0 comments

Kalau kamu mulai merasa sulit sekali berhenti makan, coba lihat sekeliling rumahmu. Sudahkah tertata rapi? Atau malah berantakan? Kalau iya, Iky mau kasih tahu kalau ruangan yang berantakan bisa jadi alasan kamu sulit berhenti makan.

Baru-baru ini, sebuah studi yang dilakukan Environment and Behavior mengungkap bahwa ruangan yang berantakan berpotensi membuat kita semakin gemuk.

Menurut penelitian tersebut, dapur yang berantakan akan mengirimkan sinyal ke otak bahwa segala sesuatu dalam hidup kita di luar kendali. Inilah yang seakan menentang program diet karena saat kita berpikir segala sesuatu di luar kendali, maka kita jadi cenderung banyak makan.

“Berada di lingkungan yang kacau membuat kita merasa di luar kendali. Saya menduga hal ini juga berlaku bagi laki-laku,” kata penulis Lenny Vartanian, PhD yang saat ini menjabat sebagai Associate Professor of Psychology di University of New South Wales di Australia.

Tidak percaya? Untuk menguji ini, para peneliti di Cornell Food and Brand Lab meminta beberapa wanita untuk menunggu orang lain di dapur yang berantakan; dengan koran di atas meja, piring di wastafel, dan telepon berdering. Masing-masing juga disediakan camilan berupa kue, keripik, dan wortel.

Ternyata, mereka makan dua kali lebih banyak camilan dibandingkan dengan perempuan di dapur yang sama, namun ditata lebih rapi dan tenang. Secara keseluruhan mereka makan lebih banyak 53 kalori dari camilan dalam waktu 10 menit.

Bisa jadi keadaan sekeliling yang ramai kerap kali membuat para wanita stres. Kita semua tahu, apa yang dilakukan wanita saat stres? Ya! MAKAN! Kurang-kurangin shay!

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *