Scroll to top

Perlukah kita jalan 10.000 langkah sehari demi kesehatan?


Toshiko Potoboda - November 4, 2021 - 0 comments

Minimal harus 10.000 langkah sehari. Kalau ngomongin soal jalan kaki, kayaknya kalimat itu autolocked di pikiran kita. Rasanya ini hampir mirip dengan pemikiran soal tidur minimal 8 jam, dan sarapan harus di bawah jam 09.00. Tapi, apakah benar jumlah langkah 10.000 itu, benar-benar mutlak diperlukan untuk kesehatan?

Duh, gimana kalau saya hanya berjalan sekitar 7.000 atau malah 5.000 langkah per hari? Apakah itu sia-sia? Enggak ada perjuangan yang sia-sia, geng! Coba deh, cek dulu manfaat yang kamu dapatkan dari berjalan kaki:

1. Menurunkan berat badan dan baik untuk pencernaan

Setiap kita bergerak, tubuh kita membakar kalori. Tentu saja, berjalan pun demikian, dengan sejumlah faktor tambahan seperti kecepatan, jarak, dan berat badan.

Jalan kaki adalah hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat bdaan. Sebuah penelitian kecil di Universitas Sungkyunkwan di Korea mengungkapkan, perempuan dengan berat badan berlebih yang berjalan selama 50 hingga 70 menit, tiga kali seminggu selama 12 minggu, rata-rata, mengurangi lingkar pinggang mereka sebesar 1,1 inci. Mereka juga kehilangan 1,5 persen lemak tubuhnya.

Pastikan kamu melakukannya setelah makan, daripada duduk santai di sofa sambil scrolling media sosial. Laman New York Times pernah menjelaskan, 30 menit berjalan kaki dapat melancarkan saluran pencernaan dan menjaga kadar gula darah lebih stabil. Hayo, kesehatan lebih penting daripada leyeh-leyeh!

2. Bikin kamu lebih bahagia

Sumber: Giphy

Enggak cuma fisik, tapi jalan kaki juga bikin kamu asyik secara emosional. University of Nebraska pernah merilis studi yang menunjukkan bahwa berjalan-jalan secara teratur dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif. Kita juga bisa lebih percaya diri dan mengurangi gelaja penarikan sosial.

3. Supaya nanti enggak varises

Berjalan secara teratur membantu mengurangi munculnya varises, menurut Klinik Cleveland. Cek kembali pilihan sepatu kamu untuk mencegah cedera dan meningkatkan sirkulasi.

Enggak hanya itu, menurut sebuah penelitian di Universitas Purdue, berjalan kaki dapat menjaga fungsi dan kekuatan otot untuk masa tua kamu. Pengin dong, tetap bugar di usia tua kayak Jennifer Lopez?

Semua manfaat i itu bisa kamu dapatkan walau tidak menyentuh 10.000 langkah sehari. Menurut Dr. I-Min Lee, seorang profesor epidemiologi di Universitas Harvard T. H. Chan, tujuan 10.000 langkah tidak didasarkan pada sains—itu adalah strategi pemasaran.

Menurut Dr. Lee, “Angka tersebut kemungkinan berasal dari strategi pemasaran. Pada tahun 1965, sebuah bisnis Jepang, Perusahaan Jam dan Instrumen Yamasa, menjual alat pengukur langkah yang disebut Manpo-kei, yang berarti ‘10.000 meter langkah’ dalam bahasa Jepang.”

Ia juga menjelaskan bahwa kemungkinan besar, perusahaan memilih nomor itu karena angka 10.000, yang ditulis dalam bahasa Jepang, terlihat seperti orang yang sedang berjalan. Menurutnya, 10.000 langkah adalah angka yang terlalu arbitrer, Dari sini, Dr. Chan dan tim peneliti mencari tahu apakah ada angka yang tepat untuk dituju.

Penelitian mereka kemudian diterbitkan musim semi lalu di Journal of American Medical Association. Mereka menemukan bahwa perempuan berumur yang berjalan 4.400 langkah per hari memiliki risiko kematian 41 persen lebih rendah selama masa studi bila dibandingkan dengan perempuan yang berjalan 2.500 langkah sehari atau kurang. Berjalan serius atau hanya berjalan ringan di sekitar rumah, tidak menjadi masalah.

Jadi, 10.000 langkah per hari bukan angka yang benar-benar harus dikejar untuk menerima manfaat kesehatan. Tapi, kalau sampai 10.000 itu lebih luar biasa. Jadi, yok jalan kaki! Kalau tidak mau ribet, mumpung mulai working offline, cobalah untuk menggunakan moda transportasi umum untuk ke kantor. Intinya mah, tetaplah bergerak!

Author avatar

Toshiko Potoboda

http://www.toshikoiko.wordpress.com
Drummer perempuan yang suka nulis di Stikynote.com sambil minum mocha dingin less sugar.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *