Scroll to top

Perbaiki postur tubuh dengan enam langkah sederhana ini


- July 19, 2017 - 0 comments

Iky yakin kalau hampir semua orang yang baca artikel ini suka duduk di depan komputer atau laptop selama berjam-jam. Yap! Beginilah hidup ketika semuanya menjadi serba digital.

Kamu pun tentu tahu kalau duduk terlalu lama jadi hal yang cukup membahayakan. Saking fokusnya pada layar, kamu pun tanpa sadar jadi terbiasa untuk bungkuk.

Kali ini Iky mau ajak kamu-kamu untuk memperbaiki postur tubuhmu. Tidak sulit, kamu hanya perlu beberapa langkah kecil ini. Kendati demikian kamu harus rutin melakukannya. Berikut adalah cara termudah untuk memperbaiki postur tubuhmu menurut Dr. Kellen Scantlebury dari Fit Club Physical Therapy and Sports Performance Center:

1. Menukar posisi bahu untuk slingbag

Memang meletakkan tas di satu bahu itu keren. Namun, membawa bobot ekstra di satu sisi dapat menyebabkan nyeri otot dan punggung.

Pertama, ada baiknya kamu membersihkan tas secara berkala untuk membuang sampah yang hanya akan menambah beban hidup. Kemudian, rutinlah untuk memindahkan tumpuan tas dari bahu satu ke bahu lainnya secara berkala. Lebih baik lagi kalau kamu membawa tas dengan cross body. Ini akan mendistribusikan berat badan secara lebih merata.

Baca juga: 5 Hal yang perlu kamu ungkapkan saat review kenaikan gaji

2. Atur jarak pandangmu

Kalau kamu adalah pekerja yang terus menerus memikirkan laptop, saatnya berinvestasi lebih untuk membuat komputermu lebih tinggi. Pasalnya, kamu harus menyesuaikan agar mata sejajar dengan layar komputer. Hal ini untuk menghindari kamu dari menekuk leher.

Terlalu sering menekuk leher akan mengikis sendi bahumu. Bila dilakukang dalam jangka panjang maka akan menyebabkan nyeri punggung dan mengubah psstur tubuh.

3. Sejajarkan telinga dengan bahu

Seberapa banyak kamu menunduk? Yes, saat stalking Instagram mantan, mengirim whatsapp ke gebetan, atau mungkin mengarang email kepada atasan yang ingin kamu maki-maki. Padahal posisi ini bahaya untuk punggung loh!

Jagalah agar telinga tetap sejajar dengan bahu agar tulang belakang kita tetap lurus. Posisi ini akan menghilangkan tekanan yang tidak semestinya di lehermu.

Baca juga: Saat kamu stalking doi dan ke-like…

4. Uncross your legs, honey!

Tahu deh yang kelihatan seksi kalau crossing legs! Sesekali sih boleh ya, tapi jangan sampai kamu membiarkan kaki bersilang sepanjang hari. Ii akan membuat tulang belakangmu terbiasa bengkok.

Cobalah untuk menjaga kedua kaki tetap rata di lantai. Awalnya memang sulit, tapi ini masalah kebiasaan, geng! Hidup lebih sehat memang ada prosesnya.

5. Naikkan kursimu

Jika kamu duduk di meja seharian, maka tempat dudukmu mungkin terlalu rendah. Pastikan sikumu membentuk sudut 90 derajat saat mengetik, jika tidak mulailah untuk mengangkat kursimu. Posisi ini akan mengurangi tekanan pada otot bagian atasmu.

Baca juga: Cara ampuh agar tetap fokus dengan segudang deadline

6. STRETCH, STRETCH, AND STRETCH!

Sumber foto: Purewow

Bila kamu mulai merasa bungkuk, maka ambillah waktu sebentar untuk duduk tegak dan letakkan tangan kiri di sisi kanan kepalamu. Tariklah kepalamu agar telinga dekat ke bahu kiri. Tahan selama 30 detik dan gantilah ke sisi berikutnya.

Dr Scantlebury merekomendasikan pengulangan gerakan ini dua kali sehari untuk mengurangi ketegangan leher dan punggung.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *