Scroll to top

Meminimalisir haus saat puasa


- June 25, 2016 - 0 comments

Mungkin kamu bisa menahan lapar saat berpuasa, namun bagaimana dengan rasa haus? Oh, apalagi menjelang siang hari!

Kali ini, Iky akan berbagi sedikit tips agar meminimalisir haus saat puasa. Cukup ikuti beberapa saran Iky supaya kamu siap menjalani puasa dengan tegar dan bugar!

1. Segelas air putih hangat saat sahur

Memang rasanya air dingin lebih menyenangkan, namun sebaiknya kamu memilih air putih hangat untuk sahur. Usahakan untuk memninum segelas air putih hangat setelah sahur. Jangan makan lagi setelah kamu minum tersebut, ya!

Air putih hangat berfungsi untuk melunturkan sisa-sisa makanan yang tertinggal, terlebih sisa makanan manis dan berminyak. Mulut yang bersih bisa meminimalisasi rasa haus saat berpuasa.

2. Kurangi kopi dan teh

Kalau bisa, hindari dulu kopi dan teh selama bulan Ramadhan. Kafein pada kopi dan teh membuat ginjalmu bekerja ekstra untuk melakukan proses ekskresi (pembuangan). Proses ini akan membuat tubuhmu kehilangan lebih banyak cairan sehingga mudah haus.

3. Hindari sengatan matahari

Kalau sudah tahu siang hari itu panas, sebaiknya jangan berlagak menantang matahari. Kurangi aktivitas di luar ruangan saat matahari sedang panas-panasnya.

4. Hindari makanan pedas dan berbumbu

Memang saat puasa, semua orang tiba-tiba beralih menjadi penjual gorengan. DANNN, SEMUANYA ITU MENGGIURKAN! Belum lagi aneka gulai dan sayur santan dengan wangi yang melambai-lambai.

Nah, sebaiknya kamu menghindari itu semua. Pasalnya, saat mencerna makanan pedas dan berbumbu, organ pencernaan jadi membutuhkan cairan yang cukup banyak. Selain itu, makanan tersebut juga menyerap cairan dalam jumlah besar dari organ-organ tubuh kita, seperti dari mulut dan tenggorokan.

Sebaiknya, kamu mengurangi konsumsi makanan pedas dan berbumbu serta menggantinya dengan sayuran dan buah-buahan. Terdengar sangat manis ya? Ya sudah, kalau saran Iky yang terakhir agak basi, silakan makan risol dan bakwan kesukaanmu! Batasi saja sedikit!

Sumber foto: Think you water

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *