Scroll to top

Ini 4 hal yang perlu dihindari para pencari Wi-Fi gratisan


- August 3, 2016 - 0 comments

Iky tahu betul kamu-kamu adalah pencari Wi-Fi. Mungkin sebagian dari kamu bekerja dengan jaringan internet gratis; seperti di kafe atau restoran.

Memang bekerja dengan Wi-Fi publik sangat nyaman. Kamu bisa menikmati segelas kopi nikmat sambil mengerjakan tugas-tugasmu. Hanya saja, tahukah kamu kalau jaringan internet publik bisa berarti berbagi informasi dengan orang lain?

Logikanya, bila kamu memasukkan password untuk login, kamu sedang berbagi jaringan dengan orang asing. Kebanyakan router nirkabel memiliki proteksi untuk melindungi kita dari World Wide Web yang berbahaya; sayangnya itu tidak berarti kamu terlindungi dari semua orang asing yang terhubung di jaringan yang sama.

Dilansir dari Purewow, ahli keamanan komunikasi Shaun Murphy memberikan daftar apa-apa saja yang sebaiknya tidak kita lakukan saat menggunakan Wi-Fi publik. Berikut adalah daftarnya:

1. Jangan lihat email dan rekening bank

Agak gawat ya, yang ini. Tapi ternyata buka email dengan Wi-Fi publik memungkinkan hacker dengan jaringan Wi-Fi yang sama mencuri identitasmu.

2. Hindari kebocoran Sharing

Di rumah, silakan berbagi file dengan fitur Sharing. Sebaiknya kamu menonaktifkan fitur ini ketika berada di jaringan publik.

Jangan lupa untuk mematikan fitur “network discovery” untuk mencegah orang lain melihat isi gadget-mu.

3. Berhati-hati dengan website tidak aman

Koneksi situs bertukar banyak informasi melalui jaringan Wi-Fi. Ini artinya para hacker handal bisa melihat apa saja history-mu.

Pastikan situs yang kamu kunjungi menggunakan “https” (cari ikon kunci hijau di sebelah kiri url dan pastikan “s” adalah pada akhir “http”).

4. Hindari penggunaan aplikasi

Lebih baik kamu menggunakan browser resmi di laptop daripada menggunakan aplikasi di ponselmu.

Web browser telah melalui audit keamanan yang ketat untuk e-commerce dan transaksi sensitif lainnya sementara aplikasi memiliki sistem keamanan yang bervariasi.

Sumber foto: Huffington Post

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *