Scroll to top

Europe on Screen buka diskusi film hingga kelas nulis naskah


admin - November 13, 2020 - 0 comments

Europe on Screen buka diskusi film hingga kelas nulis naskah
Ilustrasi film. Sumber: Pixabay

Buat kamu yang hobi nonton film, pasti tahu soal Festival Film Uni Eropa “Europe on Screen”. Yup, festival yang ditunggu-tunggu ini selalu menghadirkan film-film Uni Eropa dengan penghargaan bergengsi. Sayangnya, karena pandemi COVID-19, festival ini diselenggarakan dengan cara yang berbeda.

Menjelang perhelatannya, EoS 2020 mengadakan pra-festival yang terdiri dari kelas intensif serta webinar bersama para praktisi film profesional. Rangkaian acara yang diselenggarakan tanggal 9-13 November ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Terdapat 2 acara yang dapat diikuti oleh para pegiat film dari seluruh Indonesia, yaitu kelas intensif menulis skenario film bersama Domenico La Porta (9-12 November 2020) dan sesi webinar Menyelenggarakan Festival Film Daring bersama Festival Scope dan perwakilan Festival Film Uni Eropa di India dan Zimbabwe (13 November 2020).

Kelas intensif penulisan skenario film akan berlangsung selama empat hari terbuka untuk 40 peserta, yang terdiri dari 25 peserta terpilih dari Universitas Multimedia Nusantara dan 15 peserta umum akan berpartisipasi. Kelas intensif ini dibuka khusus untuk penulis naskah atau skenario film di tingkat semi-profesional dan profesional.

Domenico La Porta adalah seorang jurnalis, konsultan skenario film, produser, serta pemimpin redaksi dari situs film Cineuropa. Domenico La Porta memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam industri perfilman, termasuk dengan produksi film nominasi ajang penghargaan bergengsi Academy Award.

Mempunyai reputasi di bidang kreatif, Domenico La Porta telah menjadi narasumber dan pembicara berbagai seminar dan konferensi internasional seperti Cannes Film Festival, San Diego Comic Con, SXSW, dan TedX, serta untuk perusahaan multinasional seperti Google, Netflix dan Warner Games.

“Suatu kebanggaan bagi kami Domenico La Porta dapat menjadi pengajar untuk kelas intensif tahun ini,” kata Nauval Yazid, Festival Co-director Europe on Screen.

“Meskipun tahun ini peserta dan pengajar tidak dapat bertatap muka secara langsung, antusias dari masyarakat Indonesia terhadap kelas intensif ini tetap tinggi,” tambah Nauval. Dunia digital menjadi solusi untuk berbagai macam industri saat pandemi, termasuk industri festival film. Berbagai festival film di seluruh dunia mulai mengubah bentuknya, dari yang semula offline menjadi online.

Festival Scope adalah salah satu platform festival film terkemuka yang berbasis di Paris. Matthieu Eberhardt dari Festival Scope bersama Veronica Flora (kurator, EU Film Festival, India), Roberta Wagner (kurator, EU Film Festival, Zimbabwe) dan Europe on Screen akan membahas tentang seluk beluk menyelenggarakan festival film online pada hari
Jumat, 13 November 2020 pukul 19.00 WIB.

“Membuat festival film secara virtual merupakan pengalaman baru bagi semua penggiat film di dunia. Di sesi ini kita bisa saling berbagi pengalaman sehingga bisa mendapat perspektif lain yang bisa menjadi solusi dalam menyiasati the new normal di industri film kita,” kata Meninaputri Wismurti, Festival Co-director Europe on Screen.

Selama festival berlangsung akan ada sesi tanya jawab bersama para pelaku perfilman Eropa dalam program Europe On Screen: Film Talk. Berikut adalah jadwal acara non-film selama festival berlangsung:

Sesi tanya jawab bersama Måns Mårlind dan Björn Stein, sutradara ‘Swoon’ (16 November 2020)

Webinar kolaborasi bersama Institut Francais Indonesia tentang Restorasi Untuk Kepentingan Sinema dan AudioVisual bersama perwakilan dari Institut National de L’audiovisuel dan Centre National du Cinéma et de L’image Animée (17 November 2020)

Sesi tanya jawab bersama Jessica Hausner, sutradara ‘Little Joe’ (17 November 2020)

Sesi tanya jawab bersama Cordula Kablitz-Post, sutradara ‘You Only Live Once’ (20 November 2020)

Sesi tanya jawab bersama Radu Ciorniciuc, sutradara ‘Acasa – My Home’ (24 November 2020)

Sesi tanya jawab bersama pemenang dari ajang kompetisi tahunan Short Film Pitching Project 2019 dan Gabriela Pichler, sutradara ‘Amateurs’ (25 November 2020)

Sesi penjurian Short Film Pitching Project 2020 (26-27 November 2020)

Sesi tanya jawab bersama Ken Wardrop, sutradara ‘Making the Grade’ dan Miguel Ángel Jiménez, sutradara ‘Window to the Sea’ (26 November 2020)

Sesi tanya jawab bersama Antoine Russbach, sutradara ‘Those Who Work’ dan Halina Reijn, sutradara ‘Instinct’ (28 November 2020)

Sesi tanya jawab bersama Michela Occhipinti sutradara ‘Flesh Out’ (29 November 2020)

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *