Women

Update playlistmu! Ternyata lagu mempengaruhi mood olahraga

Kamu ingin mulai memperbaiki tampilan tubuhmu dengan olahraga? Ya, usaha paling mudah sekaligus paling sulit yang bisa kamu lakukan adalah berlari. Pasalnya, lari bisa di mana saja (artinya gratis), namun juga membayangkannya saja sudah membuat kita lelah. Tapi Iky mau dukung kamu! Yuk, mulai berlari!

Lantas apa saja yang perlu kamu siapkan untuk berlari? Ya, baju olahraga dan sepatu olahraga tentunya. Oh! Jangan lupa untuk menjaga payudaramu dengan sport bra. Iky sudah pernah bahas masalah ini sebelumnya. Silakan cek link ini.

Selain beberapa barang tersebut, sepertinya kamu harus juga mempersiapkan playlist yang tepat untuk berolahraga. Bukan tanpa alasan para pelari tidak lepas dari headset mereka. Ini bukan masalah gaya, tapi ternyata lagu itu berpengaruh terhadap semangat olahraga kamu loh!

Dilansir dari Runners World, sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah peneliti Brazil menguji efek musik pada 15 pelari- sebelum, selama, dan sesudah mereka berlari 5 km. Mereka mengukur aktivitas otak, gairah, dan variabilitas denyut jantung para pelari tersebut.

Mereka mengadakan empat tes dengan musik motivasi sebelum berlari (110-150 denyut/menit), berjalan dengan musik lambat (80-100 denyut/menit), berjalan dengan musik cepat (140-160 denyut/menit), post-run dengan musik tenang (95-110 denyut/menit); dibandingkan dengan tidak adanya musik.

Tebak apa yang didapatkan? Penelitian tersebut menunjukkan bahwa musik sebelum berlari memengaruhi organ internal (termasuk jantung) sehingga membuat para pelari lebih baik untuk mempersiapkan diri mereka.

Ditemukan juga bahwa berlari ketika mendengarkan musik ternyata jauh lebih cepat darpada tanpa musik. Sementara itu, musik paska berlari juga terbukti mempercepat proses recovery pada tubuh akibat kelelahan berlari.

Jadi, kalau ingin mulai olahraga, sebaiknya kamu mulai mempersiapkan playlist lari-mu. Bila tidak keberatan, coba sharing di kolom komentar, lagu apa sih yang asyik untuk lari?

Sumber foto: Reebok

Update playlistmu! Ternyata lagu mempengaruhi mood olahraga was last modified: September 28th, 2016 by Admin