Living Well

Tidak hanya kopi, makanan ini juga bikin kamu segar sepanjang hari

Tidak hanya kopi, makanan ini juga bikin kamu segar sepanjang hari

Para penggemar kopi mana suaranya? Bagi sebagian orang, minum kopi sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dilewatkan. Kopi yang mengandung kafein, mampu membuat seseorang terasa lebih segar dan berenergi saat meminumnya.

Tahukah kamu, kalau selain kopi ada lagi delapan makanan dan minuman yang juga mengandung kafein. Jadi, kalau kamu mau semangat menghadapi hari, kamu bisa mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini. Kemudian, ada baiknya juga kamu mengurangi konsumsi makanan di bawah ini bila sudah menjelang malam.

Penasaran apa saja makanan yang mengandung kafein? Berikut di antaranya:

Pil diet

Banyak sekali pil diet yang menganjurkan konsumennya untuk meminum pil sebelum tidur. Well, ternyata khasiat kurusnya berbanding terbalik dengan kualitas tidur nyenyak kamu. Kafein memang mampu mengurangi berat badan, jadi tidak heran kalau pil diet juga mengandung kafein.

Banyak dari mereka yang ingin menurunkan berat badan juga memilih mengkonsumsi kopi pahit setiap harinya untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Pada tahun 2005, ConsumerLab merilis data bahwa obat diet jenis Zantrex-3 mengandung kafein sebanyak 1.223 miligram yang setara dengan 12 cangkir kopi.

Jadi, ada baiknya kamu yang mengidap insomnia menghindari pil diet untuk jadi kurus. Well, kamu masih punya segudang cara lain untuk diet dengan cara yang lebih sehat.

Kuaci

Kudapan jadul satu ini tidak disangka ternyata memiliki kandungan kafein juga, lho. Di dalam kuaci, terdapat asam folat, vitamin B6, dan vitamin E. Satu porsi kuaci mengandung 140 miligram kafein yang setara dengan empat kaleng minuman bersoda. Unik, ya?

Baca juga: Anti lemas, 7 makanan ini bakal bikin kamu semangat terus

Protein Bar

Bagi kamu yang sedang menjalankan hidup sehat, tahu nggak kalau protein bar yang biasa dikonsumsi untuk mengganjal perut ini ternyata mengandung kafein yang hampir sama dengan satu gelas kopi. Kafeinnya jadi bertambah bila rasanya kopi atau mocha.

Minuman berenergi

Tidak diragukan lagi kalau minuman berenergi juga mengandung kafein. Sifatnya yang dapat menyegarkan dalam sekejap inilah yang membuat minuman berenergi paling dicari selain kopi.

Teh hitam

Kalau yang ini pasti kamu sudah tahu, ya. Teh nikmat dengan wangi yang menenangkan juga mengandung kafein. Meskipun demikian, kandungan kafein yang terdapat di teh hitam memang tidak sebanyak kopi.

Jadi, alih-alih minum teh, kalau kamu ingin tidur cepat bisa mencoba susu hangat. Pasti langsung nyenyak tidurnya.

Baca juga: 8 Tips diet mudah tanpa siksaan

Cokelat

Para penggemar cokelat mana suaranya? Kudapan manis yang satu ini ternyata juga memiliki kandungan kafein, loh! Biji kakao sendiri pada dasarnya sudah mengandung kafein. Di dalam permen cokelat umumnya mengandung kafein sebesar 10 miligram. Semakin gelap warna cokelat, semaki tinggi kandungan kafeinnya.

Soda

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau minuman bersoda memiliki kandungan kafein. Kadar kafein yang terkandung di dalam minuman soda bervariatif, tergantung jenamanya. Namun pada umumnya, satu kaleng minuman soda mengandung 21 – 41 gram kafein.

Kafein juga ada di es krim

Dessert yang tersedia dalam berbagai rasa ini juga bisa mengandung kafein; apalagi kalau es krimnya memiliki kandungan cokelat, kopi, dan soda. Dalam satu scoop es krim cokelat atau kopi, terdapat 45 miligram kafein yang setara dengan satu kaleng minuman soda.

Baca juga: Siapa bilang kebiasaan minum kopi bikin melarat? Sikapi dengan tips berikut ini!

Itu dia 8 makanan dan minuman yang mengandung kafein. Pastikan kamu tidak memakan atau meminumnya sesaat sebelum tidur.

Tidak hanya kopi, makanan ini juga bikin kamu segar sepanjang hari was last modified: October 5th, 2018 by Siti Nur Mawaddah Amini