Living Well

Tahukah kamu perubahan musim bisa bikin depresi? Ini solusinya!

Memasuki penghujung tahun yang sendu akibat hujan kadang membuat mood-mu jadi terlalu relaks. Kadang yang kamu mau hanya tidur, makan, kemudian tidur lagi. Setuju sih! Tapi bagaimana dengan pekerjaan atau hal-hal yang sebelumnya sudah kamu tunda itu?

Kamu nggak sendirian! Dilansir dari Psychiatry.org , ada istilah Seasonal Affective Disorder (yang bahkan disingkat SAD) yaitu serbuah keadaan depresi akibat perbubahan musim; karena kurangnya sinar matahari dan daylight yang lebih pendek.

SAD lebih dari winter blues atau mungkin kalau kita mah musim hujan blues kali, ya! Namun, keadaan ini bisa kamu kondisikan. Kali ini Iky mau kasih tips untuk kamu yang ingin meningkatkan mood produktif-mu. Nggak sulit kok! Yuk, siap kembali produktif!

1. Gunakan light teraphy box

Sumber foto: Pixel NYMag

Ini bisa jadi investasi untuk SAD-SAD berikutnya! Light box bisa melawan keadaan akibat kurangnya sinar matahari. Kamu bisa duduk 30 menit di depan light therapy box untuk mengurangi SAD. Bukalah mata tanpa menatap langsung light box-mu. Ya, silau dong kalau itu light box ditatap!

2. Aromatherapy

Tidur memang jadi salah satu cara untuk kamu yang hobi malas-malasan. Alih-alih tidur, kamu bisa mandi air hangat sambil menambahkan aromatheraphy. Kamu juga bisa menyalakan lilin aromatherapy di kamarmu.

Aromatherapy bisa mengontrol mood kamu. Saran Iky sih cari yang wanginya jasmine dan lavender. Keduanya dipercaya mampu mengurangi keadaan depresi.

Baca juga: Wangi-wangian ini akan membuat tubuhmu rileks

3. Sisihkan waktu untuk olahraga

Iky sudah kasih tahu kalau olahraga itu adalah satu cara terbaik untuk membangun mood-mu untuk lebih produktif. Lebih dari itu, sebuah studi di Australia menemukan bahwa olahraga secara regular bisa mengurangi depresi.

Nggak perlu olahraga intens, kamu cukup membawa peliharaanmu berjalan, jogging, atau cobalah untuk ikut kelas dance sesekali.

Baca juga: 3 Olahraga pilihan untuk kamu yang tidak suka berolahraga

4. Jaga asupan vitamin D

Kekurangan cahaya membuat tubuhmu juga kurang vitamin D dan inilah yang membuat kamu jadi terjangkit SAD. Kamu bisa mengakalinya dengan suplemen vitamin D.

Baca juga: Solusi hilangkan bau pada sepatu di musim hujan

5. Hangout dengan teman

Kembali ke psikologi ya, kalau kamu sedang merasa galau, kamu tentu perlu seseorang yang bisa kamu ajak mengobrol. Dalam link Psychiatry di atas, kita juga bisa menemukan bahwa mengobrol dengan orang lain juga efektif untuk mengurangi SAD, sama seperti penggunaan light therapy.

Tahukah kamu perubahan musim bisa bikin depresi? Ini solusinya! was last modified: November 15th, 2017 by Admin