Scroll to top

Sudah tahu kalau penyebab naiknya berat badan belum tentu dari makanan?


Mellysa Ariani - May 9, 2017 - 0 comments

Kamu tahu nggak, ternyata bertambahnya berat badan tidak selalu berasal dari apa yang kita makan loh! Ada banyak sekali faktor penyebab kegemukan lain yang tidak kita duga. Kira-kira faktor lain apa saja yah yang dapat membuat berat bertambah?

1. Stres

Ada beberapa orang yang ketika mengalami stres berat badannya justru menurun, ada pula yang sebaliknya. Jadi, jangan heran kalau berat kamu semakin bertambah ketika stres. Mungkin kamu tipe yang makan banyak saat stress.

Berat badan bisa bertambah juga karena adanya hormon stress kortisol. Kortisol ini dapat mengurangi fungsi kekebalan tubuh, mempengaruhi tingkat konsentrasi dan meningkatkan penumpukan lemak dalam tubuh. Nah, jadi usahakan untuk mengontrol emosi dan stress yah, supaya berat badan tidak kian bertambah.

Jangan pernah makan siang setelah jam 15.00. Kalau nggak kamu akan….

2. Hipotiroid

Ketika mengalami hipotiroid, ini berarti kadar hormon tiroid di tubuh rendah. Artinya kamu memiliki tingkat energi yang rendah, mudah kedinginan, dan sembelit.

Nah, orang yang memiliki kadar tiroid rendah lebih mudah menjadi gemuk dan sulit untuk menurunkannya. Jadi, jangan lupa untuk sesekali memeriksa kadar hormon tiroid dan perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan yodium seperti rumput laut.

3. Bakteri usus

Ada dua jenis bakteri dalam usus manusia, yaitu Bacteroidetes dan Firmicutes. Bakteri Bacteroidetes lebih efektif dalam menangkap kalori makanan, sehingga meningkatkan asupan kalori yang didapat dari makanan. Sedangkan bakteri Firmicutes kebalikannya, hal inilah yang membuat kamu menjadi lebih mudah gemuk.

Untuk menghindarinya cukup mudah loh! Kamu hanya perlu mengurangi konsumsi gula dan makanan manis berlebihan plus jangan lupa untuk mengonsumsi probiotik yang baik setiap hari.

Alasan kenapa kamu wajib minum air perasan lemon setiap pagi!

4. Pil KB

Hormon estrogen pada wanita memiliki tanggung jawab pada pembentukan tubuh. Ketika menggunakan pil KB, salah satu efek sampingnya ialah berat badan yang bertambah. Hal ini karena pil KB membuat tubuh menyimpan lebih banyak air dan memicu penumpukan lemak di tubuh.

Author avatar

Mellysa Ariani

Penulis kreatif yang kadang suka kehabisan ide. Seorang traveller, videografer and movie addict. Yuk nonton! Bayarin ya, nanti jadian deh!

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *