Living Well, Women

Sudah tahu? Beberapa mitos ini ternyata salah, loh!

Perlu kamu ketahui , memang banyak sekali pengetahuan di dunia ini dan nggak ada habisnya. Hanya saja, kadang beberapa fakta dari pengetahuan tersebut ternyata tidak benar.  Fakta yang salah ini justru tersebar dari mulut ke mulut; tanpa ada yang mengecek benar tidaknya. Duh!

Nah, kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk menjadi agen penyebar kebenaran, lol! Berikut beberapa hal yang perlu kamu tahu kebenarannya dan kasih tahu ke banyak orang kalau mereka salah. Yuk, kita baca sama-sama!

Mencukur membuat rambut tumbuh lebih tebal

Mencukur tidak menyebabkan rambut lebih tebal. Pengetahuan palsu yang dibawa banyak orang ini disebabkan oleh fakta bahwa rambut sudah usang dan tampak lebih tipis dari waktu kewaktu. Dengan demikian, rambut baru akan terlihat lebih tipis dari rambut sebelum dicukur

Jogging di sepanjang jalan itu sehat

Jogging di sepanjang jalan yang ditempuh memaksa pelari untuk menghirup udara dalam jumlah besar. Padahal, udara itu justru sudah tercemar oleh knalpot mobil dan motor. Belum lagi ancaman asap rokok yang sangat buruk untuk kesehatan paru-paru seseorang.

Baca juga; Ini waktu terbaik untuk olahraga

Kamu bisa minum air sebanyak yang kamu mau

Mungkin kedengarannya aneh, tapi manusia bisa meninggal karena overdosis air. Overdosis terjadi ketika kebanyakan air dalam tubuh yang menyebabkan kadar garam secara teratur dalam darah menjadi encer secara drastis. Pengenceran ini bisa menyebabkan pembengkakan di otak dan organ tubuh lain yang bisa mengakibatkan koma atau kematian.

IQ adalah ukuran kecerdasan yang sempurna

Tes IQ hanya salah satu dari sekian banyak teknik yang tidak sempurna untuk mengukur kecerdasan manusia. Tes IQ tidak mengukur kreativitas, keterampilan sosial, kearifan umum, kemampuan belajar, atau keseluruhan ciri-ciri lain yang kebanyakan orang anggap sebagai ukuran kecerdasan. Tes IQ dapat digunakan sebagai ukuran potensi intelektual dasar, namun tidak mencerminkan pengukuran akurat dalam segala situasi.

Baca juga; Kurangi stress di kantor dengan 7 hal berikut ini

Sayuran mentah selalu sehat untuk manusia

Memasak beberapa jenis sayuran seperti bawang dan bawang putih sebenarnya bisa meningkatkan keragaman dan potensi nutrisi yang bisa dilepaskan di dalam jalur pencernaan seseorang. Selain itu, memasak sayuran juga mengihilangkan potensi kontaminasi bakteri seperti Salmonella.

Telur tidak sehat

Telur adalah makanan yang harus kamu makan secara teratur, namun secukupnya. Mereka adalah sumber nutrisi penting dan protein tinggi. Sayangnya, mereka juga mengandung kadar kolesterol tinggi, yang berarti kamu perlu membatasinya sekitar satu butir sehari.

Baca juga; Berapa banyak harusnya kita makan telur sehari?

Berenang di kolam renang umum sehat

Kadar klorin yang ditemukan di sebagian kolam renang memang tidak terasa aneh, namun paparan terus menerusnya pada mata bisa berbahaya.  Kolam air asin asli seperti pantai atau laut adalah alternatif yang jauh lebih baik.

Mitos Sabun membunuh kuman

Hand soap (non-antibakteri) tidak membunuh kuman. Sebagai gantinya, sabun ini mengangkat kuman dari kulit permukaan, agar mereka bisa terbuang saat proses pembilasan.

Positive thinking (dan efek plasebo) menyembuhkan kanker

Pengobatan medis adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan sel kanker. Berpikir positif itu sebenarnya hanya membantu pasien kanker mempersiapkan diri untuk perawatan medis.

Sering pergi ke dokter membuat gigi sehat

Dokter gigi memperbaiki masalah dan memberi saran. Menyikat gigi dua kali sehari dan flossing akan membuat gigi sehat.

Baca juga: 5 Tanda kamu berada dalam hubungan yang sehat

Lumayan kaget, kan dengan fakta-fakta di atas? Sekarang, kamu bisa lebih pintar dari sebagian orang di luar sana. Sekali lagi, mari jadi agen penyebar fakta bukan gosip! Lol 🙂

Sudah tahu? Beberapa mitos ini ternyata salah, loh! was last modified: July 7th, 2018 by Popkimpop