Uncategorized

Stop ngomongin orang saat puasa dengan 5 cara ini

Stop ngomongin orang saat puasa dengan 5 cara ini

Puasa itu bukan hanya perkara menahan lapar, tapi juga omongan. Bagi sebagian orang, menahan diri untuk ngomongin orang itu lebih sulit dari godaan Indomie goreng yang baru matang.

Untuk kamu-kamu yang hobinya julit, kali ini Stikynote mau kasih tips supaya kamu bisa menahan diri dari ngomongin orang lain. Perhatikan, dan praktekkan supaya puasa kamu makin bermaknya.

1. Ajak ngobrol dia

Kondisinya kamu bertemu dengan seseorang yang ternyata gayanya sungguh norak di matamu. Hey, mereka tidak salah, style itu adalah masalah taste masing-masing. Bisa jadi gaya kamu juga merupakan bahan julit-an orang lain.

Untuk kondisi seperti ini, ada baiknya kamu langsung mengajaknya untuk ngobrol untuk memastikan kamu fokus terhadap pribadinya; bukan penampilannya. Yup, impresi pertama memang datang dari penampilan sehingga kita cenderung judgemental dan langsung berpikiran subjek tersebut nggak seru. Dari situ pikiran julit mulai keluar.

Dengan langsung mengobrol, kamu juga bisa cari celah untuk tanya kenapa penampilannya seperti itu. Mungkin ia punya alasan tersendiri yang tak perlu kamu perdebatkan; cukup kamu terima.

Baca juga: Makna terpendam warna pakaian yang kamu gunakan sehari-hari

2. Alihkan obrolan

Salah satu kesempatan terbesar kamu ngomongin orang adalah ketika sedang nongkrong dalam geng. Kalau sudah ada satu orang yang mengompori obrolan julit, coba alihkan ke obrolan lain. Tenang, kami punya beberapa pilihan pengalihan obrolan yang bisa kamu coba:

“Eh, rencana mudiknya sudah sampai mana? Sudah dapat tiket?”
“Bagaimana sih suasana lebaran di kampung halaman kamu?”
“Sudah siap ditanya kapan nikah? Kita musti alasan apa lagi nih?”

Cari topik yang justru menjadi masalahnya. Hampir semua orang butuh tempat untuk curhat. Ya mendingan dengar curhatan, kan daripada ngomongin orang? Kan lagi bulan Ramadan.

3. Nonton sebelum bukber

Kalau geng kamu mulai bertanya tentang rencana ngabuburit kalian, coba usulkan untuk menonton bioskop. Kapan lagi dong #MovieDate bareng teman-teman kamu?

Dengan menonton bioskop, kamu akan lebih fokus menonton plus tidak ngobrol. Gimana bisa ngomongin orang kalau ngobrol saja sulit.

Baca juga: 5 Kegiatan produktif yang bisa bikin kamu lupa lagi puasa

4. Hindari akun gosip saat puasa

At least, unfollow dulu deh akun gosip selama bulan Ramadan. Coba untuk lebih banyak follow akun komedi, dagelan, atau mungkin Bude Sumiyati.

5. Baca buku atau dengar musik

Baca juga: Menaker karakter dari genre musik favorit

Baca buku dan mendengarkan musik adalah dua kegiatan yang bikin kamu fokus. Bahkan, kamu bisa jadi tidak memperhatikan obrolan di sekitar yang memicu kamu untuk ngomongin orang.

Nah, itu dia 5 cara untuk menghindari ngomongin orang saat puasa. Lancar-lancar ya sampai lebaran! Simpan semua omongan atau julitan kamu sampai setelah bulan Ramadan. KAMU PASTI BISA!

Stop ngomongin orang saat puasa dengan 5 cara ini was last modified: May 22nd, 2018 by Admin