Living Well, Women

3 Kebiasaan mengorganisir foto untuk si penyuka smartphone photography

Smartphone photography, kenapa tidak? Sekarang kamera handphone pun sudah bisa menghasilkan foto cakep kok! Sayangnya kemudian kamu mendapati ada lebih dari 5000 foto di ponsel kamu dan storage warning sudah muncul terus di notifikasi. Phew! Itu mengesalkan. Namun, bisa dikatakan itu adalah kesalahan kamu dari awal.

Kali ini, mari membuat album foto di smartphone canggih kamu terogranisir, apalagi kalau kamu ngaku sebagai penggiat smartphone photography. Jangan sampai ponsel kamu juga jadi sering ngelag karena banyaknya data foto di dalamnya. Kamu hanya perlu mempraktekkan tiga cara ini dan buatlah ketiganya jadi kebiasaan kamu.

1. Pilih foto terbaik sesaat setalah memotretnya

Cekrak… kurang bagus. Cekrek… ih kurang lurus. Demikian terus menerus sampai akhirnya galeri kamu berisikan foto yang sama. Kalau kamu biarkan terus, kamu akan makin malas ketika harus menghapusnya.

Setelah ambil foto, segera pilih satu yang terbaik dan hapus sisanya. Jangan menunda walaupun cuma satu hari! Menghapus dua sampai tiga foto setiap harinya tidak akan sesulit menghapus 400 foto sebulan.

Baca juga: 7 Hal yang harus kamu lakukan supaya nampak selalu stunning dalam foto grup

2. Buat kategori album di handphone kamu

Membuat kategori album di handphone memudahkanmu untuk menyortir foto yang kamu ambil. Kamu bisa mulai kategorinya dari selfie, friends, food, dan traveling. 

Setelahnya, kamu bisa menyortir dengan mengabaikan camera roll. Buka albumnya dan hapus foto-foto yang seyogyanya nggak bagus-bagus amat. Matikan juga auto-save ketika kamu mengunggah foto ke berbagai media sosial kamu. Biar nggak banyak foto yang berulang.

Baca juga: 6 Trik yang bisa bikin foto OOTD banjir love di Insatgram

3. Back up hasil smartphone photography kamu sesering mungkin

Coba untuk rutin melakukannya satu bulan sekali. Kamu bisa memindahkan hasil smartphone photography kamu ke hard drive atau mungkin menggunakan Flickr dan Google Photos. Tentunya makin sedikit data di smartphone kamu, ya makin jarang nge-lag lah! Kamu pun jadi bisa melanjutkan kegiatan smartphone photography-mu itu

Baca juga: 3 Hal yang perlu diperhatikan food blogger untuk hasil foto mengagumkan

Nah, itu dia tiga kebiasaan penting yang harus kamu latih supaya album foto di smartphone kamu nggak memebeludak. Ingat, semuanya bermula dari kebiasaan kecil, tapi at the end semuanya akan memudahkan kamu kok!

Sumber foto: Glamour UK

3 Kebiasaan mengorganisir foto untuk si penyuka smartphone photography was last modified: February 17th, 2018 by Admin