Women

SADARI, cek payudara sebelum terlambat

Oktober merupakan bulan yang identik dengan kampanye pink untuk para survivor kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh kaum hawa saat ini.

Berdasarkan data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) pada tahun 2007, kanker payudara menempati urutan pertama pada pasien rawat inap di Indonesia.

Kanker payudara disebut sebagai salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan menyakitkan. Penyakit ini juga tidak hanya menyerang wanita saja, namun laki-laki juga dapat terkena kanker payudara loh. Nah, untuk mencegahnya ada satu tips simpel yang dapat kamu ikuti nih, namanya SADARI (perikSA payuDAra sendiRI).

SADARI merupakan salah satu langkah penting yang dapat membantu kamu untuk mendeteksi dini kanker payudara. Gimana caranya? Nah, kita liat tips simpelnya ini.

1. Bercerminlah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berdiri di depan cermin dengan tangan menjuntai ke bawah. Perhatikan apakah ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran dari payudara kamu.

2. Angkat kedua tanganmu

Angkat kedua lengan kamu hingga kebelakang kepala. Perhatikan kembali bentuk dan ukuran payudara kamu di sisi samping tubuh.

3. Tekan pinggulmu

Tekan kuat pinggulmu sambil menggerakkan lengan serta siku ke depan sambil mengangkat bahu. Cara ini akan menegangkan otot payudara dan membuat benjolan jadi lebih mudah terlihat.

4. Angkat satu lengan

Angkat lengan kiri dan raba payudara menggunakan telunjuk, jari tengah, dan jari manis tangan kanan. Lakukan gerakan memutar ke atas bawah, atau gerakan dari tengah keluar untuk meraba dan merasakan adanya benjolan.

5. Perhatikan putingmu

Tekan pelan-pelan puting payudara kamu. Perhatikan apakah ada keluar cairan yang tidak normal.

6. Berbaringlah

Terakhir, berbaring dengan lengan kiri di bawah kepala. Taruh bantal kecil dibawah bahu kanan. Rabalah seluruh permukaan payudara kiri dengan gerakan memutar, dari tengah keluar, atau atas bawah.

Kamu dapat melakukan SADARI secara teratur 1 kali perbulan atau 7-10 hari setelah haid hari pertama. Kenapa? Karena pada saat itu hormon estrogen dan progesteron berada pada kadar yang rendah. Periksalah sebelum terlambat 🙂

SADARI, cek payudara sebelum terlambat was last modified: November 1st, 2016 by Mellysa Ariani