Women

Rambut lepek? Tahu dulu penyebabnya sebelum mengatasinya

Rambut lepek Tahu dulu penyebabnya sebelum mengatasinya

Rambut adalah mahkota, dan rambut juga merupakan bagian penting dalam hal penampilan. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah rambut yang gampang lepek.

Nah, sebelum mengatasinya, kamu harus memperhatikan beberapa alasan yang bikin rambutmu jadi lepek:

Terlalu sering sisiran dan keramas

Rambut lepek? Tahu dulu penyebabnya sebelum mengatasinya

Untuk yang rajin nyisir rambut mendingan kamu kurang-kurangin deh! Pasalnya, sering menyisir rambut merangsang minyak alami yang ada di rambut untuk keluar.

Hal yang sama terjadi ketika kamu keseringan keramas, karena rambutmu akan menjadi lebih kering dan rambutpun akan mengeluarkan minyak alaminya. Hal inilah yang membuat rambutmu terlihat semakin lepek.

Kebanyakan makan lemak

Makanan berlemak tinggi ternyata mempunyai berbagai dampak buruk untuk tubuh. Selain membuat rambut jadi lebih gampang lepek, makanan berlemak tinggi juga menjadi penyebab dari kolestrol dan obesitas.

Baca juga: Cara menggunakan dry shampoo agar rambut tidak lepek

Shampoo dan kondisioner yang salah

Rambut lepek? Tahu dulu penyebabnya sebelum mengatasinya

Salah satu penyebab paling umum rambut lepek adalah penggunaan shampoo dan kondisioner yang salah. Jika rambutmu kering, pilih shampoo dengan label moisurizing agar rambut tetap lembab.

Kalau rambutmu berminyak, pilih shampoo yang formulanya ringan dan dapat membersihkan minyak di kulit kepala. Penggunaan kondisioner pun tidak boleh dari akar rambut, yah! Hal ini dapat membuat rambut semakin berminyak bahkan dapat menimbulkan ketombe.

Baca juga: 3 Siasat jitu mengatasi lepek

Hormon nggak seimbang berpengaruh pada rambut juga, loh!

Ketika berbagai macam cara udah kamu lakukan untuk menghindari rambut lepek dan belum berhasil, maka jawabannya ada pada hormon. Rambut yang berminyak bisa menjadi salah satu tanda bahwa hormon kamu nggak seimbang. Nah, kalau sudah seperti ini jangan lupa untuk konsultasi ke dokter yah.

Baca juga: 3 Hal yang perlu kamu perhatikan saat rambut mulai menipis

Itu dia beberapa penyebab rambut lepek yang perlu kamu perhatikan. Kalau sudah tahu penyebabnya kamu pun bisa punya siasat tersendiri untuk melawannya. Jadi, ingat selalu untuk menjaga kesehatan rambut kamu supaya sehat. Stay gorgeous, geng!

Rambut lepek? Tahu dulu penyebabnya sebelum mengatasinya was last modified: February 25th, 2018 by Mellysa Ariani