Living Well

Rahasia tetap slim and fit ala perempuan Jepang

Kalau kalian perhatikan, kebanyakan perempuan Jepang memiliki badan yang tidak hanya langsing namun juga sehat, plus kulitnya juga indah. Mereka terkenal mempunyai wajah yang awet muda sehingga mampu menyamarkan usia asli mereka.

Tidak sekadar awet muda, mereka juga terbukti hidup lebih lama. Alih-alih perawatan dan lainnya, ternyata perempuan Jepang ini punya rahasia pila hidup sehat yang sebenarnya bisa kita terapkan juga loh! Penasaran seperti aoa? Yuk, intip rahasia mereka!

1. Pola makan sehat dan seimbang

Salah besar kalau kamu mengira bahwa orang Jepang hanya makan sushi. Makanan sehari-hari wanita Jepang biasanya meliputi ikan, rumput laut, sayuran, nasi, buah, dan teh hijau atau ocha. Selain itu, faktor penting yang memperngaruhi kebiasaan mereka adalah kesegaran makanan serta musim yang sedang berjalan saat itu.

Ketika musim dingin, biasanya mereka akan lebih banyak mengonsumsi daging, ikan, makanan serta minuman hangat. Tak lupa, mereka selalu memakan buah setiap harinya.

Baca juga: Bertahan hadapi musim flu dengan 5 bahan makanan ini!

2. Menggunakan sedikit minyak

Tradisionalnya, orang Jepang biasanya memasak dengan cara merebus, memanggang, mengukus atau menggoreng di panci dengan sedikit minyak. Sayuran juga biasanya diiris yang membuatnya terlihat lebih lezat adn matang lebih cepat.

Keuntungan dari teknik ini ialah kandungan nutrisi yang terkandung dalam suatu makanan lebih banyak ketimbang makanan yang digoreng menggunakan banyak minyak. Mereka juga menyukai masakan dengan bumbu yang ringan, bahkan terkadang hampir tidak menggunakan bumbu. Ini bertujuan untuk menghindari perut, hati, dan ginjal yang terasa seperti terbakar.

3. Makan di piring kecil dengan pelan

Siapa bilang perempuan Jepang nggak suka makan? Di Jepang, makan merupakan salah satu dari ritual mereka, loh! Makan secara perlahan dengan potongan yang kecil serta wadah yang kecil menjadi ciri khas orang Jepang ketika makan.

Secara psikologis menggunakan wadah yang kecil untuk makan juga membuat kamu mengendalikan porsi makanmu itu.

Tiap makanan juga ditempatkan di piring yang berbeda, sebab mereka yakin bahwa tiap makanan mempunyai tempatnya sendiri. Tidak seperti kita di Indonesia, yang biasanya makanan menumpuk di satu piring besar. Hayo ngaku, kamu pasti pernah seperti itu kan.

Baca juga: Cara menghindari camilan malam untuk kamu yang ngaku diet!

4. Nasi adalah kunci!

Sama seperti mayoritas orang Indonesia yang mencintai nasi lebih dari apapun, orang Jepangpun demikian. Nasi menjadi bagian penting yang harus ada di setiap menu, dan harus dimasak tanpa garam, mentega atau bumbu penyedap lainnya. Aku sih #TimNasiPutih !

5. Sarapan=makanan utama

Menurut orang Jepang, sarapan adalah hal paling penting. Sarapan mereka biasanya berisi ikan, nasi, telur dadar, miso soup, sayuran hijau, rumput laut, dan teh. Sangat bernutrisi untuk sarapan ya? Boleh dicoba nih buat menu sarapan kamu sehari-hari.

6. Jarang makan dessert

Ternyata orang Jepang jarang makan makanan penutup! Dessert mereka pun berbeda dari orang Barat yang biasanya manis. Tidak ada dessert seperti kue atau buttercream. Hidangan penutup Jepang biasanya rendah lemak dan rendah gula, sehingga tidak meninggalkan apapun di dalam tubuh.

Rahasia tetap slim and fit ala perempuan Jepang was last modified: December 2nd, 2017 by Mellysa Ariani