Living Well

6 Gerakan olahraga wajib untuk kamu yang duduk seharian

6 Gerakan olahraga wajib untuk kamu yang duduk seharian

Olahraga yuk! Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa duduk berlama-lama berhubungan dengan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Kebanyakan duduk juga berdampak cukup besar untuk perubahan fisik kamu; bisa jadi lebih bungkuk atau mungkin jadi lebih gemuk.

Oleh sebab itu, banyak sekali yang beralih ke standing desk. Tidak heran, karena standing desk akan membantu kamu untuk jadi lebih sadar dengan postur tubuh.

Menurut Noam Tamir, C. S. C. S., pendiri TS Fitness di New York City, cara lain untuk mengurangi dampaknya adalah dengan melakukan latihan tertentu; terutama yang berpusat pada bagian belakang tubuh; seperti punggung, glutes, dan paha belakang,

Tamir juga memberikan beberapa latihan yang bisa membatalkan efek negatif dari duduk sepanjang hari. Waw, seperti apa latihannya, berikut Iky rangkumkan untuk you guys:

Dead Bug – 20 repetisi

Berbaringlah telentang dengan kedua tangan diarahkan ke langit-langit. Tekut lutuh 90 derajat seperti posisi duduk. Luruskan kaki kanan sambil jatuhkan lengan kiri ke atas, jaga agar tetap melayang (tidak menyentuh tanah). Kemudian bawa lengan dan kaki kamu ke posisi semula.

Lakukan bergantian dengan sisi lain, dan itu berarti satu repetisi. Lakukan terus hingga 20 kali.

Baca juga: Nggak usah terlalu dipaksa, kamu punya 6 alasan untuk skip berolahraga

Plank 30 detik di setiap sesi olahraga kamu

Siapkan posisi push-up, namun letakkan siku di tanah membentuk sudut 90 derajat. Pastikan jari-jari kaki sejajar dengan bahu. Tahan tubuh kamu sehingga tubuh berada di garis lurus; dari kepala sampai kaki. Peras paha dan pantat kamu; tahan 30 detik. Pastikan kamu menambahkan plank dalam setiap sesi olahraga kamu!

Baca juga: Baca dulu pentingnya sport bra ini!

Single-Leg Bridges – 12 repetisi masing-masing kaki

Berbaring telentang. Tekuk lutut dan letakkan kakimu rata di lantai sekitar satu kaki atau lebih jauh dari pantat.

Istirahatkan kedua lengan di sisi tubuhmu; di lantai. Angkat kaki kanan di udara ke arah langit-langit, jaga kaki tetap tertekuk. Dorong melalui kaki kiri untuk mengangkat glutes, pinggul, dan punggung dari tanah.

Perlahan turunkan kembali ke bawah, jaga agar kaki kanan Anda tetap di udara. Ulangi untuk 12 repetisi, lalu ganti kaki.

Kettlebell Deadlifts – 15 repetisi

Berdiri dengan kettlebell (atau dumbel) di lantai di antara kedua kaki kamu. Jaga punggung tetap rata sepanjang waktu. Bergantunglah pada pinggul untuk mendorong pantat ke belakang dan tekuk sedikit lutut untuk mengambil kettlebell.

Luruskan kaki saat kamu menarik kettlebell sampai tingkat pinggul. Kunci pinggul kamu di atas. Perlahan turunkan kettlebell kembali ke bawah untuk menyentuh lantai. Balikkan gerakan pinggul-engsel yang kamu gunakan untuk mengambil kettlebell, lalu segera ulangi. Lakukan 15 repetisi di sesi olahraga kamu.

Baca juga: Bukan hanya untuk diet, olahraga juga bisa bikin kamu pintar

Bent-Over Row – 15 repetisi masing-masing lengan

Pegang dumbbell di tangan kananmu. Berdirilah dengan kaki selebar bahu. Tekuk lutut dan engsel sedikit di pinggul sehingga tubuh condong ke depan.

Jaga tubuh dalam posisi ini, bawa dumbbell sampai ke tingkat dada, namun jaga siku di sisi tubuh kamu.

Dalam gerakan terkontrol, turunkan dumbel kembali ke posisi awal. Ulangi untuk 15 repetisi.

Goblet squats – 15 repetisi

Baca juga: 3 Olahraga pilihan untuk kamu yang bahkan tidak suka berolahraga

Berdiri dengan kaki sedikit lebih lebar dari pinggul. Pegang kettlebell (atau dumbel) dengan kedua tangan di dada. Tekuk lutut dan pinggulmu untuk menurunkan pantat ke tanah, seolah-olah sedang duduk di kursi.

Lakukan serendah mungkin, lalu dorong tumit untuk berdiri tegak. Pastikan lutut kamu tidak melewati pergelangan kaki. Ulangi untuk 15 repetisi di setiap sesi olahraga kamu.

Sumber foto olahraga: MSN

6 Gerakan olahraga wajib untuk kamu yang duduk seharian was last modified: February 25th, 2018 by Admin