Living Well

Ini 7 pengganti sedotan plastik untuk #NoStrawMovement

Gerakan #NoStrawMovement sudah di mana-mana. Sedikit demi sedikit kesadaran untuk mengurangi penggunaan sedotan pun mulai tumbuh di masyarakat. Akan tetapi, meski gerakan ini memiliki misi mulia dan tampak sepele untuk dilakukan, pasti ada saja golongan yang merasa kesulitan untuk turut berpartisipasi.

Berbagai alasan bisa menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah jika minuman yang dipesan memang membutuhkan sedotan. Selain itu, kalian yang menggunakan polesan lipstik di bibir, tentu tak ingin lipstiknya pudar karena minum tanpa sedotan. Tak perlu khawatir, kini ada berbagai alternatif sedotan yang bisa kamu gunakan untuk mengganti sedotan plastik. Apa saja? Berikut adalah tujuh sedotan alternatif untuk ikutan #NoStrawMovement.

Sedotan bambu

Sumber: Shopzero

Bambu sudah sejak ribuan tahun lalu digunakan sebagai bahan pembuatan alat makan oleh masyarakat Tiongkok. Selain sumpit, alat makan dari bambu berkembang menjadi sendok, garpu dan yang terbaru, sedotan. Sedotan bambu lebih ramah lingkungan dibandingkan sedotan plastik. Akan tetapi, kamu harus teliti dalam membersihkan sedotan bambu, jangan sampai bagian dalamnya lembab dan berjamur.

Sedotan kaca

Sumber: Mountain House

Sedotan kaca juga aman digunakan untuk menggantikan sedotan plastik. Untuk mencegah sedotan pecah saat terbawa, kamu harus menyimpan sedotan kaca dalam wadah agar tidak hancur terbentur barang lainnya.

Baca juga: 6 Gerakan olahraga wajib untuk kamu yang duduk sendirian

Sedotan silikon

Sumber: Shopify

Alternatif sedotan yang lebih ramah bagi lingkungan lainnya, adalah sedotan berbahan silikon. Sedotan silikon lebih tahan lama dan cara membersihkannya pun mudah, yakni direbus sepertui botol susu bayi. Bahannya yang tahan panas membuat sedotan silikon nyaman digunakan untuk minuman hangat maupun dingin.

Sedotan jerami

Sumber: Traditional Thatch

Selain bambu, jerami ternyata juga bisa dikreasikan menjadi berbagai perlengkapan termasuk sedotan. Sedotan jerami banyak digunakan karena biasanya didesain dengan warna dan corak yang cantik.

Sedotan metal

Sumber: Alie Express

Sedotan dari metal dan besi anti karat juga sangat praktis digunakan. Bahannya yang kuat membuatnya aman dibawa ke mana saja. Kamu bisa memilih bentuknya, bisa lurus atau dengan ujung bengkok. Sedotan metal bisa dibersihkan dengan sikat khusus sedotan yang biasanya dijual juga oleh penjual sedotan besi.

Baca juga: 5 Cara detoks ruangan yang bisa bikin kamu lebih sehat

Sedotan kertas

Sumber: Shopify

Bahan lain yang juga ramah lingkungan untul menggantikam sedotan plastik, adalah sedotan kertas. Walaupun juga sekali pakai, sedotan kertas ini mudah hancur jika direndam dalam cairan untuk waktu lama.

Sedotan akrilik

Sumber: Alie Express

Tidak seperti sedotan plastik yang sekali pakai, sedokan akrilik bisa dipakai berkali-kali. Sedotan dari bahan akrilik juga umum diproduksi dengan corak menarik. Salah seorang aktris Hollywood, Kate Spade, bahkan juga memiliki bisnis jual sedotan unik ini. Kelemahan sedotan akrilik adalah bahannya yang mudah pecah sehingga kamu harus hati-hati menyimpannya.

Baca juga: 8 Hal ajaib untuk kamu yang minum air sesaat setelah bangun tidur

Itu dia 7 sedotan alternatif untuk kalian yang ingin mengikuti #NoStrawMovement. Selain lebih awet, sedotan-sedotan ini umumnya juga lebih menarik daripada sedotan plastik biasa.

Ini 7 pengganti sedotan plastik untuk #NoStrawMovement was last modified: August 30th, 2018 by Indah Salimin