What's Happening

#MovieDate The Post: Ingatkan kembali bahwa media harus jujur

The Post, sebuah film produksi Steven Spielberg patut masuk dalam list #MovieDate kamu minggu ini. Film yang berhasil membawa Meryl Streep masuk dalam nominasi Academy Award ini pasti akan membuat kamu berdecak kagum.

Film ini membawa kita kembali ke masa jurnalistik yang tidak main-main. Masa saat media harus benar-benar mempertanggungjawabkan berita yang mereka keluarkan.

Kembali ke awal tahun 1970-an, saat The Pentagon Papers yang dibuat oleh Departement of Defense jadi pergunjingan. File tersebut berisikan tentang hubungan militer dan politik antara US dan Vietnam. Saat itu, The Washington Post punya kesempatan untuk membeberkan kebenaran file tersebut.

Baca juga: 5 Hal yang bisa kamu nikmati di Ho Chi Minh, Vietnam

Peran intuisi perempuan terhadap pengambilan keputusan besar

Baca juga: 5 Cara menyenangkan untuk meningkatkan networking dan karir

Meryl Streep berperan sebagai Katharine Graham, yang saat itu menjabat sebagai publisher di The Washington Post; perusahaan media yang telah dirintis keluarganya.

Setelah ia menikah, sebenarnya ia ingin fokus menjalankan hidupnya sebagai ibu rumah tangga dengan memeberikan kuasa The Washington Post ke suaminya. Sayangnya, ketika suaminya meninggal, ia pun mau tidak mau harus meneruskan bisnis keluarga yang memang ia cintai tersebut.

Ia harus memimpin sebuah perusahaan media yang saat itu didominasi laki-laki. Graham harus melawan ketidakpercayaan semua laki-laki dalam jajaran direksinya. Anyway, ia juga tidak pernah formal training dalam publikasi.

Sampai ketika ia diperhadapkan dengan keputusan apakah ingin menerbitkan berita The Pentagon Papers atau tidak? Kalau kamu #MovieDate The Post ini, jangan lupa untuk memperhatikan adegan pengambilan keputusan ini. Lihat bagaimana cara Graham mempertimbangkan keputusannya.

The Post, film wajib untuk para penggelut jurnalistik

“If we don’t hold them accountable, who will?”

Dalam Film The Post, kamu akan banyak belajar soal prinsip jurnalistik. Semua quote-nya bakal bikin passion kamu tergelitik. Apalagi bila kamu adalah pemerhati media-media baru saat ini. Wah, hati-hati kalau kamu akan membenci artikel click-bait.

Kamu juga akan belajar bahwa seharusnya sebuah media itu jujur. Media seharusnya tidak mengabdi pada pemerintah, melainkan sebaiknya mengabdi pada rakyat.

Baca juga: 5 Rumus busana kantor yang tidak lekangk oleh waktu

Film ini mulai tayang pada 21 Februari 2018. Sok mampir ke CGV Cinemas untuk #MovieDate The Post

Such a great movie!

#MovieDate The Post: Ingatkan kembali bahwa media harus jujur was last modified: February 19th, 2018 by Admin