Scroll to top

#MovieDate: 3 Film wajib nonton untuk yang suka menulis dan gila membaca


- September 16, 2018 - 0 comments

Kalau kamu suka menulis atau membaca, kali ini Stikynote punya tiga rekomendasi film yang bisa kamu tonton. Nontonnya di mana? Tentunya di 100% Manusia Film Festival yang berlangsung di 14-23 September 2018.

Sekilas soal festival film ini, ada 87 film yang diputar di tahun kedua perhelatannya. Kali ini 100% Manusia Film Festival mengangkat tema inklisifitas yang punya makna bahwa tidak ada satu sisi dari masyarakat yang menjadi eksklusif; melainkan semua menjadi satu dan setara dengan yang lain.

Lantas film apa nih yang seru untuk kamu-kamu yang suka baca atau menulis? Kali ini Stikynote mau kasih rekomendasinya ya!

The Post

Dalam Film The Post, kamu akan banyak belajar soal prinsip jurnalistik. Semua quote-nya bakal bikin passion kamu tergelitik. Apalagi bila kamu adalah pemerhati media-media baru saat ini. Wah, hati-hati kalau kamu akan membenci artikel click-bait.

Kamu juga akan belajar bahwa seharusnya sebuah media itu jujur. Media seharusnya tidak mengabdi pada pemerintah, melainkan sebaiknya mengabdi pada rakyat.

Spotlight

Sebuah film soal kisah di balik invesitgasi sekelompok jurnalis dalam membongkar skandal pelecehan seksual terhadap anak yang terjadi di lingkungan gereja Katolik di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Haso penyelidikan ini telah dimuat dalam harian The Boston Globe tahun 2002 dan memenangkan Pulitzer Prize; penghargaan bergengsi untuk karya tulis jurnalistik dan literatur.

Semua Sudah Dimaafkan Sebab Kita Pernah Bahagia

Film ini bercerita tentang Leon Agusta (1938-2015), penyair, budayawan, dan pekerja teater yang lahir di Sigiran, Danau Maninjau, Sumatra Barat. Karya-karya Leon berakar dari rasa sakit, tragedi, dan pengkhianatan masa lalu, serta saat-saat dalam hidupnya di mana beliau tersentuh oleh cinta.

Pekerjaannya sebagai budayawan dimotori oleh rasa cintanya terhadap tanah kelahirannya serta demi memajukan orang-orang di sekitarnya. Semua Sudah Dimaafkan sebab Kita Pernah Bahagia mengikuti Paul Agusta; anak bungsu Leon Agusta itu menceritakan ulang apa yang dia ingat tentang ayahnya, serta menelusuri masa lalu Leon untuk menemukan akar emosi dan luka yang dialami ayahnya untuk lebih mengenal Leon Agusta.

Baca juga: Film ringan untuk nonton di rumah

Tertarik bukan? Nah, semua jadwal 100% Manusia Film Festival bisa dilihat di sini.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *