What's Happening

#MovieDate 1987: When The Day Comes: Peristiwa Trisakti versi Korea

Masih ingat peristiwa Trisakti? Siapa sangka ternyata di Korea Selatan punya peristiwa yang mirip seperti di Indonesia. Peristiwa itu diangkat dalam film 1987: When The Day Comes.

Film ini diangkat dari kisah nyata di Korea Selatan pada tahun 1987. Diceritakan tentang terbunuhnya seorang mahasiwa bernama Park Jong Chul, ketika diinterogasi oleh pihak kepolisian atas tuduhan terlibat komunisme yang sangat dilarang saat pemerintahan kala itu.

Awalnya, diceritakan upaya penyelamatan nyawa Park yang tengah sekarat, hingga tak tertolong dan akhirnya meninggal. Untuk menutupi kasus itu, pemerintah melalui lembaga anti-komunis berusaha menutup rapat kasus pembunuhan itu.

Konflik terjadi ketika jaksa wilayah Choi menolak untuk menandatangani surat kematian serta rencana kremasi Park. Ia bersikukuh untuk melakukan autopsi guna memperjelas penyebab kematian.

Film 1987: When The Day Comes kental dengan nuansa anti-komunis di Korea Selatan era 80an. Saat itu banyak orang yang dikira sebagai mata-mata pemerintah Korea Utara, terutama sosok aktivis bernama Kim Jong Nam, pemimpin gerakan pro demokrasi yang tengah menjadi DPO pemerintah Korsel saat itu.

Baca juga: Nikmati belasan konser dalam satu hari di LAFF Festival

Baca juga: Panduan zodiak 2018 untuk menuju puncak gemilang cahaya

Seluruh penduduk bahkan para komunitas dari berbagai universitas bersatu untuk melawan sistem pemerintahan kala itu. Banyak mahasiswa yang akhirnya meninggal dunia sebab peristiwa itu, yang membuat kejadian ini hampir mirip kerusuhan pada tahun 1998 di Indonesia.

1987: When The Day Comes ini sudah dapat kalian nikmati sejak Jumat 19 Januari di CGV Indonesia. Jadi buat kamu para K-Popers, kamu juga wajib nonton film ini! Nggak sahih jadi K-Popers kalau belum mengetahui sejarah perjuangan Korea Selatan kala itu.

#MovieDate 1987: When The Day Comes: Peristiwa Trisakti versi Korea was last modified: January 22nd, 2018 by Mellysa Ariani