Living Well

Makanan sehat ini perlu perhatian khusus sebelum dikonsumsi

Semua makanan pastinya baik untuk tubuh dengan beragam manfaat yang diberikan. Namun, cara pengolahan tiap bahan itulah yang berbeda. Salah-salah, itu dapat berdampak buruk untuk kesehatan loh!

Eiitss, tapi jangan khawatir, Iky punya trick supaya kamu tetap aman mengkonsumsinya! Cek dan praktikkan di rumah ya, biar kamu sehat selalu!

1. Minyak Zaitun

Siapa yang tidak kenal beragam manfaat yang diberikan oleh minyak yang satu ini? Tidak hanya dipakai untuk memasak, minyak zaitun juga dapat dipakai untuk berbagai macam kosmetik dan juga kesehatan lainnya.

Dalam hal makanan, minyak zaitun sangat sering dan banyak digunakan sebagai dressing pada salad. Tapi, ketika kamu memanaskannya dalam suhu tinggi, minyak zaitun dapat mengeluarkan zat beracun yang bersifat karsinogenik.

2. Margarin

Siapa yang tidak suka mengoleskan margarin pada selembar roti lalu menambahkan meses diatasnya? Atau kamu sangat suka menggoreng dan memanggang menggunakan margarin karena rasanya yang lebih gurih?

Ya, semua itu memang menambah kelezatan pada makanan kamu. Tapi menurut sejumlah penelitian, margarin mengandung senyawa heksana. Bahan kimia industri yang memiliki efek toksik.

3. Apel

Buah yang satu ini memang sangat lezat, ditambah kalau kamu sedang menjalani diet buah ini dapat membantu kamu menahan rasa lapar yang melanda karena kaya akan serat.

Nah tapi, jangan sampai kamu menelan biji dari buah apel yah. Biji buah apel mengandung amygladin, suatu zat yang bila tercerna akan menyatu dengan enzim pencernaan dan dapat menghasilkan hidrogen sianida.

Hidrogen sianida ini dapat membunuh orang dewasa dalam waktu singkat bila dikonsumsi dalam jumlah besar. Masih ingat kasus Jessica dan Mirna kan?

4. Kentang

Kentang juga merupakan salah satu makanan favorit bagi para pelaku diet. Tapi, dalam memilihnya harus berhati-hati yah! Jangan pernah kamu memilih kentang yang masih berwarna hijau, sebab mereka mengandung racun solanin.

Dampak dari racun tersebut cukup parah dan berbahaya untuk tubuh. Kamu dapat mengalami muntah-muntah yang berujung pada serangan jantung.

5. Seledri

Bakso, sup, bubur ayam, dan lain-lain merupakan masakan yang hukumnya adalah wajib ditambah dengan seledri. Namun dibalik kelezatannya satu hal yang harus kamu ingat dan perhatikan, jangan pernah memasukan seledri pada kuah yang sedang mendidih atau dimasak. Sebab, seledri dapat mengeluarkan nitrit, zat beracun yang sangat berbahaya pada tubuh.

Sumber foto: Dr. Marco

Makanan sehat ini perlu perhatian khusus sebelum dikonsumsi was last modified: February 4th, 2017 by Mellysa Ariani