Living Well

Lupus dan gejalanya yang wajib kamu waspadai

Lupus dan gejalanya yang wajib kamu waspadai

Lupus merupakan penyakit peradangan kronis yang disebabkan karena oleh sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh ini menyerang jarigan, sel, serta organ tubuh kita. Kamu pasti pernah mendengar penyakit lupus dong? Membayangkannya memang agak mengerikan, ya!

Jika kondisi normal, sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi, namun lain pada penderita lupus. Sebab, sistem imun mereka justru menyerang tubuhnya sendiri. Nah, terus seperti apa sih gejala lupus ini? Berikut adalah gejalanya yang patut kamu waspadai

1. Pembengkakan pada sendi

Gejala yang paling sering adalah timbulnya pembengkakan pada sendi. Hal ini dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian sendi seperti pergelangan tangan, lutut, kaki atau siku. Biasanya pembengkakan terjadi karena adanya masalah pada ginjal.

2. Demam tinggi

Lupus dan gejalanya yang wajib kamu waspadai

Biasanya penderita penyakit ini akan mengalami demam tinggi tanpa sebab yang pasti. Bahkan suhu tubuh bisa mencapai 38 derajat atau lebih loh!

Baca juga: 5 Pilihan jus untuk mendukung gaya hidup sehat

3. Lupus dimulai dari rasa lelah yang berlebihan

Rasa lelah yang ekstrim juga biasanya dialami penderita lupus, walaupun hanya mengerjakan kegiatan biasa. Ini disebabkan karena pengidap lupu mengalami penurunan tenaga.

4. Muncul ruam pada kulit

Penderita penyakit ini juga biasanya punya ruam di bagian tubuhnya seperti leher, lengan, punggung dan yang paling sering terjadi biasanya pada hidung dan pipi. Gejala ini juga dikenal dengan nama butterfly rash, biasanya ini menimbulkan nyeri, gatal dan bisa bertambah parah ketika terpapar sinar matahari.

5. Rambut rontok

Karena kekebalan tubuh yang menurun, para penderita lupus pasti mengalami kerontokan rambut yang parah. Hal ini disebabkan folikel rambut menjadi rusak sehingga membuatnya mudah rontok.

Baca juga: Rambut lepek? Mungkin kamu belum lakukan 6 hal ini!

6. Anemia

Para penderita penyakit ini juga menderita anemia. Ini disebabkan karena pasokan oksigen yang dibawa darah untuk disebarkan ke seluruh tubuh menjadi berkurang.

So, pada dasarnya tubuh kita itu selalu memberikan tanda-tanda saat terjangkit sebuah penyakit. Sebaiknya kita peka dan segera memeriksakan diri ke dokter bila tubuh mulai terasa aneh. Jaga kesehatan ya, guys!

Lupus dan gejalanya yang wajib kamu waspadai was last modified: February 5th, 2018 by Admin