Living Well

Lakukan 3 hal ini saat rasa panik berlebih datang

Serangan panik bisa muncul kapan saja. Mungkin bisa jadi kamu tiba-tiba sedang dituntut mengerjakan sesuatu dengan tenggat waktu sempit, atau mungkin kamu sedang menunggu waktu presentasi penting.

Kami tahu, serangan rasa panik itu tidak pernah enak. Jantung terasa berdebar, keringat bercucuran, hingga mual, dan pusing. Sejenak, pasti kamu merasa sedang sendirian di bawah tekanan.

Duh, perasaan seperti ini pasti membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi sama sekali. Malah rasa panik berlebih bisa menghancurkan semua persiapan yang sudah kamu siapkan.

Untuk itu, berikut adalah tiga cara paling mudah untuk mengusir rasa panik. Lakukan hal ini untuk membuatmu jauh lebih tenang.

Lakukan pernapasan diafragma saat panik

Dikutip dari Purewow, Psikolog Dr. Danielle Forshee mengungkap bahwa serangan panik adalah ketika otakmu percaya bahwa kamu benar-benar butuh perlindungan. Maka itu, strategi paling efektif adalah dengan melakukan pernapasan diafragma.

Ketika mengalami serangan panik, tubuh kamu jadi tegang dan cenderung mengalami hiperventilasi– mengambil napas pendek dan cepat dari dada. Lebih lanjut Dr. Forshee mengungkap bahwa jenis pernapasan ini mengirimkan sinyal ke otak bahwa kita sedang ada dalam kesusaha. Sementara itu, bernapas melalui diafragma mengirimkan sinyal ke otak bahwa kamu aman dan santai.

Baca juga: Menghilangkan kecemas kurang dari satu menit

Hentikan membuat prediksi kemungkinan buruk

Lakukan 3 hal ini saat rasa panik berlebih datang

Saat mengalami serangan panik, kamu cenderung berpikir “Bagaimana kalau begini? Bagaimana kalau begitu?”, dan semuanya ini cenderung mengacu pada kemungkinan negatif.

Sangatlah penting untuk menguatkan diri sendiri dengan mengatakan hal-hal positif. Pasalnya, kita pasti cenderung lebih banyak memikirkan potensi kegagalan yang berasal dari ketakutan daripada memproyeksikan potensi keberhasilan. Minimal berpikirlah, saya akan lebih baik bila saya rileks.

Baca juga: 7 Cara melarikan diri singkat saat stress dan deadline menumpuk

Jangan sampai trauma

Lakukan 3 hal ini saat rasa panik berlebih datang

Biasanya, orang yang menderita serangan panik cenderung menghindari tempat, orang, atau hal yang mereka kaitkan dengan serangan panik. Misalnya saja saat kamu merasa panik saat mengemudi, kamu jadi lebih memilih naik bus ke mana-mana.

Sebaiknya tidak! Pasalnya kecenderungan ini akan memperburuk keadaan. Bila dibiarkan, kamu hanya akan mengabadikan kepanikanmu menjadi ketakutan yang membatasimu. Sebaliknya, cobalah untuk perlahan-lahan menghadapi situasi yang kamu takutkan. Ajak temanmu untuk datang dan mendukung.

Lakukan 3 hal ini saat rasa panik berlebih datang was last modified: December 3rd, 2018 by Admin