Living Well, Women

Kurangi stress di kantor dengan 7 hal berikut ini

Waktu bekerja di kantor memang kadang menjadi saat menegangkan. Sejumlah deadline, atasan yang mengesalkan, atau sesama staff yang gosipin kamu di belakang itu kerap bikin leher terasa sangat pegal.

Kami sangat memahaminya. Untuk itu, Iky memberikan beberapa tips untuk merawat psikologis kamu di kantor. Beberapa hal di bawah ini akan membuat kamu setidaknya sedikit lebih santai.

Nikmati makan siangmu

Editor's Guide: Kafe untuk me time di Jakarta

Istirahat makan siang adalah waktu terbaik kamu untuk merawat dirimu sendiri. Pilih menu makan siang yang benar-benar ingin kamu makan dan nikmatilah makanan tersebut tanpa berdekatan dengan meja kerja kamu. Jangan pernah makan siang sambil kerja. Kasihan kamunya!

Baca juga: No-gadget brunch, kenapa tidak?

Tidak semua hal harus di-iya-kan

Mungkin bila itu berkaitan dengan deadline, mau tidak mau kamu harus lakukan. Namun, apabila beberapa request yang masuk bukan pada kapasitasmu atau malah bukan tanggung jawabmu; segera bicarakan dengan atasan atau supervisor. Katakan pula kalau kamu butuh waktu karena deadline yang sebelumnya belum selesai. Dengan demikian si atasan juga bisa melihat kemampuan mengorganisir waktu dan deadline kamu.

Baca juga: Jam terbaik mengirim surat lamaran kerja

Siapkan playlist terbaikmu

Playlist yang tepat bisa mengubah hari kamu. Jangan terlalu banyak lagu galau, lah! Pokoknya yang semangat-semangat saja. Toh, mereka tidak akan memperhatikan kalau kamu sedikit menggoyangkan pundakmu.

Tata meja kantor kamu sendiri

Kerja di rumah tanpa modal Bikin dulu ruang kerja yang nyaman buat kamu

Kerja di rumah tanpa modal Bikin dulu ruang kerja yang nyaman buat kamu

Mau tidak mau, kamu harus mengakui kalau meja kerja adalah tempat kita menghabiskan banyak waktu. Untuk itu, jangan ragu membuat meja kerja menjadi senyaman mungkin. Hias dengan gambar yang bikin kamu tersenyum. Tambah juga beberapa pohon kecil supaya mata kamu tetap segar ketika bekerja terlalu lama di depan layar laptop.

Baca juga: Kerja di rumah tanpa modal? Bikin dulu ruang kerja yang nyaman untuk kamu!

Jangan ragu untuk minta bantuan

Kadang kamu berpikir minta bantuan itu jadi terlihat lemah. Sebenarnya ini bukan perkara impress siapa-siapa. Ada baiknya kamu minta tolong sesuatu yang kamu tidak pahami; daripada ngide sesuatu yang hasilnya malah tidak bisa digunakan tim kamu.

Puji diri kamu sendiri

Ketika kamu berhasil membuat kagum atasan, klien, atau orang-orang yang ada dalam meeting besar; tidak ada salahnya untuk compliment yourself. Memuji diri membuat kamu jadi lebih percaya diri di samping; siapa lagi yang mau menghargai kamu selain diri kamu sendiri. Treat your self an ice cream, tho!

Bergeraklah supaya tidak stress

Menghabiskan waktu lima sampai delapan jam sehari di posisi duduk yang sama sangat tidak baik untuk fisik dan mental kamu. Kita sudah banyak bilang kalau ‘sitting is the new smoking’. Sudah berapa banyak yang kadar gulanya naik akibat terlalu lama duduk?

Bergeraklah! Mungkin kamu bisa ke kamar mandi, jalan ke pantry untuk mengambil segelas air, atau mampir ke meja teman baikmu untuk bergosip. Eh, gosip itu nggak salah loh!

Baca juga: 5 Rumus busana kantor yang tak lekang oleh waktu

Intinya, kamu tidak perlu menunggu hingga weekend tiba untuk sebuah istirahat yang kesannya balas dendam. Memberikan apresiasi terhadap tubuhmu walaupun hanya kecil namun sering, bisa jadi lebih berarti ketimbang menekan dirimu terus-terusan dan balas dendam pada weekend.

Yuk, rawat dirimu sendiri sebaik mungkin!

Kurangi stress di kantor dengan 7 hal berikut ini was last modified: July 6th, 2018 by Admin