Scroll to top

Kunci tetap sehat dan bugar selama bulan puasa


Mellysa Ariani - May 31, 2017 - 0 comments

Ngorbrol soal bulan puasa yuk! Eh sudah pada bayar hutang puasa yang bolong-bolong kemarin belum? Hayo loh! Untuk kamu yang menjalankan ibadah puasa, kamu bertemu lagi nih dengan bulan yang bisa dibilang penuh godaan.

Sudah menahan lapar, haus, kamu juga harus berjibaku dengan emosi yang bisa datang dari mana saja. Kesibukan sehari-hari itu kerap bikin tubuh jadi mudah lelah. Kali ini kami mau kasih tips nih supaya puasamu lancar dan staminamu tetap terajaga

1. Berbukalah dengan manis yang tepat

Jangan cuma berbuka dengan rayuan gombal pacar atau gebetan yah, itu bukan manis yang tepat. Sangat dianjurkan untuk berbuka dengan makanan manis ketika berbuka puasa, tapi nggak perlu semua makanan manis masuk ke dalam tubuh.

Tetap batasi makanan dan minuman manis kamu, tiga buah kurma atau segelas sirup dengan buah sudah cukup untuk mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh dan membuat kamu kembali bugar.

Lakukan ini sebelum tidur supaya kamu tampak gorgeous di pagi hari

2. Hindari gorengan

Ini hal yang susah, apalagi kalau kamu berbuka pas banget di jalan pulang plus yang ada dan mudah hanya abang gorengan. Gorengan memang menjadi makanan pembuka wajib bagi semua orang saat berbuka, karena mudah dicari dan yah sedikit mengenyangkan. Tapi, kalau kamu makan gorengan saat perut kosong justru akan membuat pencernaan kamu bekerja jadi lebih berat dibanding biasanya loh!

3. Penuhi kebutuhan mineral

Saat berpuasa godaan terberat itu adalah rasa haus dibandingkan rasa lapar. Nah, supaya kamu semangat sepanjang hari, penting untuk menghidrasi tubuh. Kamu bisa memenuhi kebutuhan mineral kamu dengan mengonsumsi dua gelas air saat berbuka, tiga gelas air setelah berbuka sampai menjelang tidur, dan tiga gelas air saat sahur.

Cara bakar kalori tersantai yang perlu kamu coba!

4. Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur

Saat makan sahur, pilihlah karbohidrat kompleks dibanding yang sederhana. Karbohidrat kompleks akan lebih lama dicerna tubuh sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Jadi, kamu siap untuk menjalankan ibadah puasa seharian sampai saatnya berbuka nanti. Salah satu karbohidrat kompleks yang paling mudah kamu gapai adalah oat.

5. Perbanyak sayur dan buah saat sahur

Ini yang nggak kalah penting, perbanyak asupan sayur dan buah kamu ya ketika makan sahur. Karena tubuh akan jauh lebih segar jika kebutuhan nutrisinya terjaga dengan baik. Selain itu, buah juga dapat memberikan kamu energi ekstra.

Author avatar

Mellysa Ariani

Penulis kreatif yang kadang suka kehabisan ide. Seorang traveller, videografer and movie addict. Yuk nonton! Bayarin ya, nanti jadian deh!

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *