Living Well

Siapa bilang kebiasaan minum kopi bikin melarat? Sikapi dengan tips berikut ini!

Siapa yang tidak bisa lepas dari minum kopi setiap harinya? Beberapa tahun terakhir, memang kebiasaan ngopi jadi teman kaum milenial. Rasanya juga jadi kurang kalau kerja tidak sambil minum kopi. Salah? Tidak salah juga!

Namun, ada banyak yang kemudian mengkritisi kebiasaan ngopi jadi kegiatan hedon kaum milenial. Banyak sekali pakar ekonomi yang mengkritik pedas konsumsi kopi kaum milenial. Pernah dengar kalimat semacam: “Bayangkan, satu gelas kopi Rp 50.000, kali 30 hari, kemudian dikalikan 12 bulan?”. Masih banyak loh yang menggunakan keadaan ini, padahal sudah banyak kopi di bawah Rp 25.000 yang tidak kalah enak.

Mungkin yang jadi salah adalah mereka yang menjadi social coffee drinker; minum kopi karena biar terlihat keren di mata lingkungannya. Namun, bagi yang sudah adiktif terhadap kopi, hidup tanpa segelas minuman nikmat itu rasanya terlalu janggal.

Tekan budget untuk kebutuhan kopi

Nah, bagi kamu yang punya kebiasaan harus minum kopi, kamu bisa menekan bujet dengan beberapa cara. Pertama, cari kopi terenak dan termurah. Bisa jadi rasa kopi di mini market itu cocok di lidah kamu. Tidak harus mahal, kan? Yang penting enak!

Atau cara berikutnya kamu bisa membuat sendiri kopimu. Tidak hanya sekadar kopi, kamu bisa berkreasi untuk meningkatkan rasanya. Kali ini Stikynote juga ingin berbagi tips untuk meningkatkan level kenikmatan segelas kopi buatanmu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu praktekkan:

Baca juga: Alihkan bujet ngopi kamu ke bujet liburan fancy saja!

Tambahkan mentega

Percaya tidak percaya, setengah sendok mentega akan membuat segelas kopi kamu jadi terasa lembut dan sedikit gurih.

Rempah-rempah

Pernah membayangkan rasa kopi bila dicampur dengan rempah-rempah? Cobalah menyeduh kopi dengan api kecil dan tambahkan rempah seperti kayu manis, kapulaga atau jahe. Rasanya dijamin unik dan membuat badan terasa hangat.

Kamu bisa menghilangkan kafein dalam kopi

Buat yang harus mengurangi kafein dalam tubuhmu, kamu bisa memasukkan dua sampai tiga biji kapulaga dalam seduhan kopi. Kapulaga akan menghancurkan sifat kafein tanpa mengubah rasa. Selain itu, kapulaga juga akan memberikan efek aroma pedas yang menggoda selera.

Metode turkies coffee

Ada sebuah metode bernama turkies coffee yang konon bisa meningkatkan kemantapan rasa kopi. Saat memasak kopi, angkat kopi dari kompor ketika mulai mendidih, hilangkan busa, aduk, kemudian panaskan lagi. Akan lebh baik jika kamu melakukannya sebanyak tiga kali.

Baca juga: Anti lemas, 7 makanan ini bakal bikin kamu semangat terus

Garam

Menambahkan garam dalam bubuk kopi ternyata tidak akan merusak citarasanya. Justru, garam akan membuat rasa kopi lebih kuat. Masukkan sedikit garam pada bubuk kopimu dan buktikan rasanya.

Es kopi

Black Campaign Coffee, Tangerang
Buatlah seduhan kopi dengan sedikit gula. Lalu masukkan ke dalam freezer dan biarkan hingga membeku. Nikmati es kopi ini di hari yang terik. Tambahkan susu mungkin?

Editor’s Guide: Kafe di Jakarta untuk me time

Wah, menarik, ya? Bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin ngopi nikmat tanpa kantong jebol. Selamat mencoba!

Siapa bilang kebiasaan minum kopi bikin melarat? Sikapi dengan tips berikut ini! was last modified: September 27th, 2018 by Admin