Living Well

Jangan kaget, ini manfaat mandi air dingin di pagi hari

Kalau kamu adalah orang-orang yang skip mandi pagi sepertinya kamu haru tobat! Lalu ini saatnya kamu mencoba mandi dengan air dingin; maksud Iky dengan sedikit tambahan es batu. Tidak perlu dingin-dingin banget, tapi cobalah menggunakan air sedikit di bawah suhu normal.

Kenapa? Pasalnya, mandi dengan air dingin di pagi hari punya beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan. Berikut adalah lima alasan mengapa kamu sebaiknya mandi dengan air dingin di pagi hari:

1. Your first caffeine booster

Mandi air hangat itu bikin kamu rileks, makanya sebaiknya ritual ini dilakukan di malam hari. Sementara itu, air dingin akan meningkatkan denyut jantung tubuh yang pada akhirnya akan melepaskan aliran darah ke seluruh tubuh. Itulah yang menyebabkan gigi kita gemetar.

Semangat akibat mandi pagi dengan air dingin hampir mirip dengan semangat double espresso. So alih-alih kamu ngopi pahit, mending kamu mandi pagi.

Baca yuk! Ini 5 kegiatan produktif yang bisa bikin kamu lupa lagi puasa

2. Mungkin bisa menurunkan berat badan

Saat kita kedinginan, lemak cokelat yang merupakan jenis lemak yang baik diaktifkan dan membakar kalori agar tetap hangat. Berapa kalori? Belum tahu pasti! Tapi sebuah studi Skandinavia menemukan bahwa paparan suhu dingin meningkatkan tingkat metabolisme lemak cokelat 15 kali lipat, yang bisa membantu Anda turun sembilan kilogram dalam setahun.

3. Rambut dan kulit akan lebih cantik

Air panas itu punya dampak pengeringan super, namun ledakan dingin menenangkan kemerahan, mengurangi bengkak dan menutup pori-pori untuk mengunci kelembaban. Ketika rutin mandi air dingin di pagi hari, kulit kita akan lebih lembab plus rambut akan lebih mengkilap. Oh, whatta cool bonus!

Intip cara supaya kulitmu lebih glowing

4. Kamu akan cenderung lebih bahagia

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses mempraktekkan mandi air dingin selama dua sampai tiga menit pada beberapa peserta. Hasilnya, selama dua minggu para peserta cenderung getting their mood back! Mereka bahkan menyarankan agar mandi dingin bisa digunakan sebagai pengobatan depresi.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bukannya mandi air dingin bisa bikin masuk angin ya? Sebuah studi di Universitas Virginia Commonwealth menemukan bahwa mandi dingin bisa meningkatkan jumlah sel darah putih yang melawan penyakit.

Ini mendukung penelitian dari sebuah penelitian Jerman sebelumnya yang menemukan bahwa orang-orang yang mandi selama dua menit di air dingin justru lebih jarang pilek daripada mereka yang mandi air panas. Tahu dong soal orang Jepang yang justru menggosok tubuhnya ketika musim dingin? Nah! Itu kuncinya!

Jangan kaget, ini manfaat mandi air dingin di pagi hari was last modified: June 6th, 2017 by