Women

Hal yang perlu kamu perhatikan bila ingin kerja freelance

Hal yang perlu kamu perhatikan bila ingin kerja freelance

Freelance, kenapa tidak? Rasanya kerja di kantor memang sudah tidak sesuai denganmu dan sekarang kamu sedang bimbang karena jadi freelancer nampak sangat menyenangkan. Betul, kerja di rumah tanpa harus panjat sosial dengan atasan kamu yang menyebalkan memang sangat asyik. Tapi, di satu sisi kamu perlu mengingat kalau menjadi freelancer juga berarti jadi single fighter.

Sebelum memulainya, ada baiknya test drive terlebih dahulu. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika terjun ke dunia freelancer. Berikut adalah lima hal yang tidak boleh kamu abaikan bila ingin jadi seorang freelancer:

Perhatikan kontrak kerja freelance-mu

Berhubungan langsung dengan pengguna jasa atau produk kamu itu perlu perhatian khusus. Kalau ada apa-apa kamu harus bertanggung jawab sendiri, berbeda dengan berada di bawah perusahaan yang sudah punya orang legal-nya. Untuk itu, selalu pastikan hak dan kewajiban yang tertulis dalam kontrak. Tidak hanya melihat harganya, tapi lihat juga ketentuan pembayarannya.

Bayar pajakmu

Blogger, vlogger, atau pekerja kreatif lepasan lain memang sering sekali punya masalah di sini. Tapi percayalah, bila kamu ingin berkembang, jangan abai dalam membayar pajak.

Baca juga; Kurangi stress di kantor dengan 7 hal berikut ini

Coba untuk kerja lebih terorganisir

Iky tahu sekali kalau jadi freelancer itu memungkinkan kamu untuk mengatur waktumu sendiri. Bisa jadi kamu bangun siang, kemudian bekerja di sore menjelang malam. Atau bisa pula kamu malah lebih memilih bekerja saat dini hari.

Namun, perlu kamu ketahui kalau menjadi freelancer juga berarti lebih memperhatikan target yang kamu atur sendiri. Kamu harus punya sistem; bisa jadi apa saja, mulai dari to do list, jurnal, kalender, jadwal meeting, dan semuanya.

Tidak hanya itu, ada baiknya kamu juga mengatur jadwal olahraga, rehat, dan tidurmu. Ini baik untuk kesehatan dan secara jangka panjang dapat membantu dalm peningkatan produktivitas kamu sendiri.

Baca juga: 6 Pekerjaan yang bisa kamu pilih bila tidak ingin ngantor

Networking

Pertanyaan ‘kalau saya ingin freelance, klien saya dari mana, ya?’ adalah satu pertimbangan yang pasti membebani benak kamu saat ingin mulai sebagai freelancer. Semua itu berasal dari networking! Untuk itu, kamu harus lebih sering bertemu dengan orang-orang di luar sana. Mereka sangat potensial jadi klien kamu.

Kamu bisa datang ke meet-up bersama komunitas, join ke grup Facebook, atau mungkin datang ke acara-acara start-up. Tampillah meyakinkan supaya mereka mengingatmu, sebab kadang kartu nama saja tidak cukup.

Branding branding branding

Saat kamu berpikir ingin jadi freelancer, banyak juga orang berpikir demikian. Belum lagi mereka yang sudah mulai duluan; ya mereka adalah saingan kamu. Untuk itu, kamu harus tampil beda sebab klien akan menggunakan jasamu karena personality yang kamu tampilkan.

Tampilkan portfolio di berbagai media sosial. Buatlah Instagram, Facebook, blog, Twitter, dan lainnya sebagai sarana untuk membangun branding jasa yang kamu tawarkan; bukan foto pamer kemesraan sama si doi. Mungkin kamu bisa membuat dua akun terpisah.

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling bisa diandalkan untuk branding. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mengelolanya dengan baik. Tidak hanya sekadar posting, pastikan kamu juga membangun komunikasi dengan audiens-mu.

Baca juga: Bikin dulu ruang kerja yang nyaman buat kamu!

Cara-cara di atas adalah beberapa hal yang perlu kamu lakukan bila ingin fokus kerja freelance. Tantangan terberat kamu adalah dirimu sendiri! Untuk itu, ada baiknya kamu bisa memotivasi dirimu sendiri dengan baik. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Hal yang perlu kamu perhatikan bila ingin kerja freelance was last modified: August 5th, 2018 by Admin