Living Well, Women

Gosip ternyata baik untuk psikologis kamu

Gosip ternyata baik untuk psikologis kamu

Gosip itu menyenangkan. Betul, tidak? Walaupun banyak sekali orang yang bilang kalau ngegosipin orang itu jahat, nggak baik, bikin hidup jadi negatif; kamu pastinya punya dong segelintir orang yang sering duduk bersama sambil ngomongin orang lain.

Tenang, seperti semua hal yang punya positif dan negatifnya, gosip pun demikian. Kali ini Iky akan bahas beberapa manfaat gosip yang sebenarnya justru bikin psikologi kamu jadi lebih sehat. Gimana bisa? Coba intip faktanya berikut ini!

Baca juga: Does Wonder Woman need a man?

Gosip bikin kita akrab

Gosip ternyata baik untuk psikologis kamu

Para peneliti dari University of Texas and the University of Oklahoma menyatakan bahwa bila segerombol orang saling berbagi feeling negatif terhadap orang lain yang sama; mereka akan merasa lebih dekat satu sama lain. Ini berbanding terbalik apabila mereka saling berbagi pujian positif untuk orang lain yang sama.

Bisa jadi ini juga akibat kita merasa kesal dengan orang yang sama dan rasanya dengan gosip kita jadi punya dukungan. Tidak heran kalau kita akhirnya merasa lebih akrab dengan siapa pun yang mendukung kita.

Baca juga: Pernikahan vs persahabatan

Membuat kita menghargai diri sendiri

Gosip ternyata baik untuk psikologis kamu

Walaupun terkesan jahat, tapi gosipin orang itu sebenarnya membuat kita jauh lebih menghargai diri sendiri. Pasalnya, kita jadi membandingkan diri kita dengan doi. Kita akan cenderung merasa bangga kalau ternyata orang tersebut nggak lebih baik daripada diri kita.

Mengurangi depresi

Psikolog sosial Robb Willer mengungkapkan bahwa membagikan informasi buruk seseorang terhadap orang lain membuat tingkat frustasi kita jadi berkurang. Pasalnya, perasaan ‘feeling better’ setelah ngomomgin keburukan orang itu membuat kita nyaman, alih-alih menyimpannya sendirian.

Baca juga: 7 Cara menghilangkan stres tanpa ke psikiater

So, ini saatnya untuk kumpul dengan teman gosip kamu dan mulailah bergosip! Namun, pastikan jangan sampai ada sumpah serapah yang kamu keluarkan di kala ngegosip itu. Bagian sumpah serapah itu yang akhirnya bikin gosip jadi lebih buruk. Ya, dong?

Gosip ternyata baik untuk psikologis kamu was last modified: July 1st, 2018 by Admin