What's Happening

Film sebagai media penyampaian pesan isu Hak Asasi Manusia

Hak asasi manusia merupakan hal yang paling dekat dengan kita namun terkadang jadi sulit untuk dibahas. Ada yang bilang bahwa banyak isu terkait HAM yang tabu untuk dibahas, tapi bila kita membiarkannya, siapa yang akhirnya akan peduli tentang isu ini?

Untuk itu, perlu beberapa sarana untuk menyampaikan pesan terkait isu ini. Sebenarnya beberapa media hiburan bisa jadi alat penyampai pesan yang baik; sebut saja lagu, mural, atau mungkin film. Coba lihat saja deretan film yang ada di festival 100 Persen Manusia Film Festival.

Tim Stikynote mengikuti perjalanan festival ini selama satu minggu dan menjajal langsung untuk menonton beberapa filmnya. Lewat film-film yang diputar, pesan bisa disampaikan kepada berbagai penonton dengan latar belakang yang juga berbeda-beda.

“Dinamika berkehidupan dipotret dalam karya film berbingkai HAM, disajikan secara cermat sehingga bisa membawa pemirsa bertanya pada dirinya “siapakah saya?”, pelaku atau korban dari sistem yang belum mengedepankan HAM. Festival ini penting keberadaanya sebagai medium pencerahan melalui sutradara muda berjiwa sosial dalam karya profesional untuk menghapuskan kekerasan, khususnya kekerasan terhadap perempuan,” ungkap Wakil Ketua Komisi Nasional Perempuan, Dr. Budi Wahyuni.

Baca juga: 3 Film wajib nonton untuk yang suka menulis dan gila membaca

100% Manusia Film Festival menjadi sebuah perayaan atas kekuatan berbagai bentuk seni, terutama seni film. Dari sini kita belajar kalau ada cara lebih cerdas lainnya untuk mengangkat isu yang mungkin bagi masyarakat luas terasa sangat tabu. Bravo! Sampai bertemu di 100% Manusia Film Festival tahun depan.

Film sebagai media penyampaian pesan isu Hak Asasi Manusia was last modified: October 11th, 2018 by Admin