Living Well

Cegah kanker payudara dengan 6 makanan ini!

Kanker payudara menjadi penyumbang kematian terbesar pada wanita di seluruh dunia. Sebab itulah, setiap tahunnya kampanye kesehatan melawan kanker payudara selalu digerakkan khususnya di bulan Oktober.

Sebenarnya, hingga saat ini penyebab pasti kanker payudara memang belum ditemukan. Namun, kita bisa sekali mencegahnya dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat ini:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan khususnya varian hitam dan navy, dapat membantu meningkatkan produksi aponin, protease inhibitor, dan phytic acid. Kandungan inilah yang dapat membantu mencegah atau menghambat pertumbuhan kanker. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan kacang-kacangan ke dalam menu diet kalian ya!

Baca juga: Diet? Kamu bisa tetap makan enak tanpa takut gemuk loh!

2. Buah blueberry

Blueberry sangat kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan sel dalam tubuh. Ia juga menghadang radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Tidak cuma blueberry, tapi jenis berry lainnya juga sama manfaatnya loh. Buah blackberry misalnya, berkhasiat untuk mengurangi pertumbuhan tumor.

3. Teh

Kandungan flavonoid pada teh khususnya teh hitam, teh hijau, dan terh merah terbukti dapat menurunkan resiko kanker payudara. Terutama pada perempuan yang mengalamai siklus post-menopause. Pastikan kamu tidak lupa untuk meminum teh setidaknya sehari sekali ya!

Baca juga: The Sctipt siap hibur Indonesia April 2018. Intip harga tiketnya!

4. Brokoli

Brokoli kaya akan sulforaphane, zat yang dapat meningkatkan enzim pelindung serta membersihkan dan membuang senyawa-senyawa yang memicu kanker dalam tubuh. Nah, menurut penelitian, zat sulforaphane ini juga mampu menghalangi sel kanker payudara. Jadi, kalau kamu ingin sehat dan terhindar dari kanker payudara, jangan lupa untuk makan brokoli dan berbagai sayuran hijau lainnya.

5. Bawang putih

Si kecil yang satu ini memang terkenal dengan beragam manfaatnya, salah satunya untuk melawan kanker. Kandungan zat phytochemical allicin yang dimilikinya membantu meningkatkan respon imun sehingga mencegah pertumbuhan tumor di dalam tubuh.

Psst, ini rahasia tetap slim and fit ala perempuan Jepang!

6. Walnut

Penelitian menyebutkan bahwa walnut atau kenari terbukti dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Hal ini karena zat phytosterol dalam walnut yang menjadi penghadang reseptor estrogen dalam sel kanker. Tidak hanya itu, walnut juga sangat baik untuk fungsi kerja otak kita.

Mudah kan? Jadi, jangan lupa untuk menambahkan makanan tersebut ke makanan kamu sehari-harinya yah!

Cegah kanker payudara dengan 6 makanan ini! was last modified: December 20th, 2017 by Mellysa Ariani