Living Well

Cari cara jitu untuk mengatasi susah tidur? Ini rahasiannya!

Cari cara jitu untuk mengatasi susah tidur? Ini rahasiannya!

Susah tidur? Yuk ngaku, siapa yang suka susah tidur? Sebenarnya penyebab susah tidur itu datang dari kebiasaan kita sendiri loh! Mulai dari kebiasaan menunda tidur atau mungkin semudah terlalu sering lihat-lihat media sosial sebelum tidur.

Kali ini Iky mau kasih cara jitu untuk mengatasi susah tidur. Percayalah, dengan melatih kebiasaan ini, kita pasti bisa tidur lebih teratur. Apa saja? Berikut adalah catatan penting untuk kamu yang ingin memperbaiki masalah tidurmu:

Tahu apa yang harus dimakan sebelum tidur

Cari cara jitu untuk mengatasi susah tidur? Ini rahasiannya!

Bukan obat tidur, melainkan makanan yang bisa bikin tidur lebih nyenyak. Banyaklah mengonsumsi walnut dan tuna untuk kualitas tidur yang lebih baik. Atur juga waktu makan malammu, pastikan jaraknya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur kamu.

Baca juga: Dari A-Z, yuk mengungkap lebih dalam apa itu mimpi!

Tidur dengan cukup udara

Ya, tidur dengan pendingin ruangan memang asyik. Namun, bagi kamu yang punya kamar tanpa pendingin ruangan, pastikan ada beberapa ventilasi yang terbuka.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Indoor Air: International Journal of Indoor Environment and Health mengungkap bahwa sekelompok orang dewasa yang selama lima malam tidur dengan pintu kamar terbuka punya tidur malam yang lebih baik dan lebih lama daripada mereka yang tidur dengan pintu tertutup.

Membuat rutinitas baru untuk si susah tidur

Pastikan masuk kamar untuk benar-benar tidur. Kadang kamu mungkin masuk kamar untuk bekerja dan mendapati akhirnya kamu benar-benar tertidur menjelang subuh. Kamu bisa bekerja hingga jam 23.00, namun lakukan itu di luar kamar. Pastikan kamu masuk ke kamar untuk tidur,

Memang sulit mengatur rutinitas baru, tapi itu yang harus kamu lakukan. Lebih baik lagi kalau kamu tetap pada rutinitas tidur yang baru walaupun akhir pekan. Percayalah, ini bagus untuk hidupmu sendiri!

Baca juga: Calm, aplikasi storyteller untuk kamu yang sulit tidur

Desain kamarmu senyaman mungkin

Cari cara jitu untuk mengatasi susah tidur? Ini rahasiannya!

Desain dan tata letak kamar memainkan peran besar dalam kualitas tidur kamu. Pastikan untuk membeli seprai yang nyaman untuk ditiduri dan buatlah kamarmu seminimalis mungkin agar kamu tidak pusing melihatnya.

Cari tahu posisi terbaik untuk tidur di sini

Hentikan sistem balas dendam untuk tidur

Cari cara jitu untuk mengatasi susah tidur? Ini rahasiannya!

Kamu mungkin harus bergadang dan memutuskan untuk balas dendam di tidur malam berikutnya. Pada akhirnya kamu hanya mengulang hal yang sama. Sering kejadian seperti itu? Ya, itu karena sebenarnya sistem balas dendam untuk tidur itu tidak akan berjalan dengan baik. Itu justru bisa jadi masalah susah tidur utama kamu

Matthew Walker, direktur dari Sleep and Neuroimaging Lab dan penulis Why We Sleep mengungkap bahwa balas dendam seperti ini tidak akan berjalan kecuali kamu merencanakan kesempatan tidur itu sendiri.

Menurut Walker, rahasia tidur malam yang baik adalah menghitung jumlah jam tidur, ditambah jumlah jam kamu benar-benar tertidur. Misalnya, jika kamu butuh delapan jam untuk menjadi produktif pada hari berikutnya, tetapi kamu juga perlu 30 menit waktu browsing di handphone, kemudian 30 menit untuk proses masuk ke tidur, berarti kamu butuh waktu 9 jam untuk semua hal tersebut.

Tidak menunda untuk bangun

Wait, what? Bukannya 10-30 menit waktu tidur tambahan itu lebih baik? Tidak! Sesungguhnya 10-30 menit waktu di kasur setelah alarm berbunyi bukanlah waktu tidur tambahan; melainkan itu adalah waktu bermalas-malasan kamu!

Setiap kamu menunda waktu bangun, maka kamu sedang memulai siklus tidur baru yang cenderung membuatmu lelah ketika benar-benar bangun. Jadi, latihlah dirimu untuk bangun di saat alarm berbunyi.

Baca juga: 7 Hal yang harus kamu stop lakukan ketika bangun di pagi hari

Tahu apa yang harus kamu lakukan ketika tidak bisa tidur

Cari cara jitu untuk mengatasi susah tidur? Ini rahasiannya!

Jika setelah melakukan semua tips ini ada beberapa malam kamu tetap tidak bisa tidur, tenang, Iky masih punya satu cara lagi untuk masalah susah tidur kamu. Kalau ternyata kamu terbangun dan sulit tidur kembali, coba bayangkan rumah masa kecil kamu dan jangan pikir tekanan yang terjadi di hari itu. Dua hal ini bisa membantu kamu tidur lebih cepat.

Pastikan juga untuk mengatur suhu ruangan di sekitar 18 derajat celcius karena suhu tersebut paling ideal untuk tidur malam. Terakhir, matikan semua perangkat elektronik seperti telepon maupun laptop kamu. Bacalah notifikasi kamu besok hari.

Cari cara jitu untuk mengatasi susah tidur? Ini rahasiannya! was last modified: May 7th, 2018 by Admin