Living Well

Cara menjaga berat badan saat liburan akhir tahun

Natal plus tahun baru adalah kunci bagi setiap kita untuk mencicipi berbagai makanan enak. Sayangnya, itu berarti kita harus bersiap dengan lonjakan berat badan yang NGGAK BANGET!

Intinya kamu memang nggak perlu diet ketat agar berat badanmu tidak naik. Justru, nikmatilah waktu bersama keluarga dengan memakan makanan enak. Kali ini kami mau kasih tips supaya berat badanmu tetap stabil di kala banyaknya godaan makanan di luar sana. Yuk, diperhatikan!

Baca juga: Tips diet simpel tanpa siksaan

1. Minum air putih dulu sebelum makan

Seperti yang kita tahu, air putih itu sangat baik dan banyak manfaatnya buat tubuh. Nah, sebelum kamu mulai kalap saat melihat berbagai macam makanan natal, lebih baik kamu minum dulu air putih 1-2 gelas. Air putih bisa menahan keinginan untuk makan secara berlebihan, jadi kamu nggak akan kalap.

2. Makan nanas dan apel

Jangan lupa konsumsi juga dua buah enak ini, si nanas dan si apel. Kalau nanas, kamu makannya harus sebelum makan ya. Serat pada buah nanas akan membuat kamu jadi cepat kenyang sehingga kamu nggak akan kalap saat lihat makanan di meja.

Nah, kalau buah apel makannya setelah makan. Apel ini fungsinya adalah untuk mendetoksifikasi tubuh dari segala asupan yang udah masuk ke tubuh.

3. Jangan Kalap

Mentang-mentang natalan, banyak makanan, banyak kue terus kamu kalap! Jangan!! Pastikan porsi makan kamu tetap sama, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Saran saja sih, jangan semua lauk kamu taruh semua di satu piring, karena biasanya kalau udah ada di piring mau nggak mau harus habis.

4. Berikan jeda

Kalau memang tergoda banget sama makanannya, mending kamu kasih jeda deh. Jadi tubuh kamu juga punya waktu buat mencerna makanan yang sebelumnya. Nah, di sini kamu akan tahu apakah kamu masih lapar atau hanya sekedar pengen? Ingat lapar mata itu bikin gemuk! Pastikan kamu makan di saat fisik kamu memang lapar.

5. Kurangi ngemil

Memang, kue-kue itu menarik banget dan bentuknya lucu-lucu gitu! Nggak heran kan kalau kamu ingin makan semua! Tapi kalau kamu nggak mau berat badan kamu naik, mending kurangi deh! Pasalnya manis akan membuat kamu semakin lapar.

Baca juga: Cara menyimpan kue kering untuk amunisi camilan hinga bulan-bulan ke depan

Bila kamu memang tidak bisa menahan konsumsi camilan, ada baiknya kamu selingi waktu liburan dengan sedikit berolahraga. Supaya di bulan Januari kamu nggak gede-gede banget lah!

Cara menjaga berat badan saat liburan akhir tahun was last modified: February 4th, 2017 by Mellysa Ariani