Living Well, Women

Cara mengatasi wajah berminyak dan kusam

Mana yang mukanya seperti pabrik minyak? Angkat tangan, hehehe. Kamu, cewek-cewek kece di luar sana pasti ingin punya wajah mulus, indah, dan berseri dong, ya nggak sih?

Kulit berminyak memang selalu menyebalkan. Nggak cuma karena wajah akan terlihat kusam, tapi kulit berminyak identik dengan komedo dan jerawat.

Tapi sebenarnya, untuk kamu yang memiliki wajah berminyak harusnya bersyukur loh! Pasalnya, kulit berminyak membuat tampilanmu tetap terliaht lebih muda. Kendati demikian, merawatnya itu gampang-gampang susah, karena kalau salah bisa jadi muka kamu akan semakin berminyak dan berjerawat.

Pilih produk yang sesuai

Kulit wajah berminyak baisanya membutuhkan produk perawatan yang dapat menghilangkan kelebihan minyak di wajah tanpa membuatnya jadi kering. Pilihlah sabun muka berbahan dasar gel yang sangat pas dipakai untuk kulit wajah berminyak.

Baca juga: Rambut lepek? Tahu dulu penyebabnya sebelum mengatasinya

Pelembab adalah koentji

Banyak yang salah menafsir karema wajah sudah berminyak, maka tidak perlu lagi memakai pelembab. Salah total! Apapun jenis kulitmu, pelembab adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Untuk pemembab, pilihlah yang berbahan dasar air dengan label oil = free yang akan menghidrasi wajah tanpa membuatnya tambah berminyak.

Rajin maskeran

Sudah tidak diragukan lagi kalau sering maskeran akan membuat kulit wajahmu tetap terawat dan kinclong. Kamu dapat menggunakan sheet mask yang banyak dijual di pasaran. Kalau kamu adalah tipe orang yang lebih suka alami, kamu bisa membuat masker dari bahan-bahan seperti madu, lemon, kentang, atau bahkan yoghurt.

Minimalkan pakai make-up

Make-up menjadi salah satu hal yang harus dikurangi buat kamu si pemilik wajah berminyak. Untuk sehari-hari, gunakan tabir surya, pelembab, dan bedak tabur. Jangan lupa gunakan primer agar make-up lebih tahan lama dan pastikan pilih produk dengan label oil-free.

Baca juga: Begini cara mudah agar make-up terlihat lebih sehat dan segar

Konsumsi sayur dan buah

Siapa yang tidak tahu kalau buah dan sayur sangat penting untuk kesehatan kulit wajah? Rajin mengonsumsi buah dan sayur tidak hanya akan membantu mengontrol minyak berlebih, tapi juga bisa membuat wajah menjadi lebih sehat dan bercahaya loh.

Sumber foto: The Coveteur

 

Cara mengatasi wajah berminyak dan kusam was last modified: March 7th, 2018 by Mellysa Ariani