Women

Cara meminimalisir tagihan listrik tanpa mengurangi penggunaan AC

Apa yang lebih menyenangkan dari musim panas selain bermalas-malasan di ruangan ber-AC? Sayangnya, kegiatan tersebut akan membuat tagihan listrik kamu membeludak. Kemudian kamu lebih memilih untuk ke mall atau kafe yang membuat pengeluaranmu juga semakin meningkat.

Jadi, harus apa dong? Tunggu! Dilansir dari Purewow, kali ini Iky punya trick menarik untuk berada di ruangan ber-AC dengan meminimalisir tagihan listrikmu. Katakan siap pada musim panas, ladies!!!

1. Menjaga AC tetap menyala, namun meningkatkan suhunya beberapa derajat

Mungkin kamu lebih suka tidur dengan suhu pendingin sekitar 15 derajat celcius, tapi tahukah kamu kalau setiap di bawah 25 derajat celcius, kamu sedang meningkatkan penggunaan energi tiga sampai empat persen.

Alih-alih tidah sama sekali, cobalah meningkatkan suhu sedikit dan menikmatinya. Jika unit Anda memiliki mode “energy saving”, itu lebih baik. Mode ini akan secara otomatis menyesuaikan saat ruangan mencapai suhu yang diinginkan.

2. Bersihkan filternya dengan rutin

Jika filter pendingin ruanganmu ditutupi debu, AC tidak akan beroperasi secara efisien. Pendingin ruangan akan bekerja dua kali lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Idealnya, bersihkan sebulan sekali dengan campuran air hangat dan cairan pencuci piring.

3. Kunci rapat-rapat celah yang ada di dalam ruangan

Kamu akan kaget perbedaan tagihan listrik setelah menutup secara benar semua celah daripada membiarkannya. Lakukan sesegera mungkin di akhir pekan ini agar kamu tidak perlu biaya tambahan untuk membayar jasa tukang.

4. Matikan oven

Di musim panas, ada baiknya kamu fokus terhadap tagihan listrik dari pendingin ruangan saja. Jangan tambah beban hidupmu dengan banyak menggunakan oven. Masaklah dengan kompor selama musim panas ini!

5. Jangan menempatkan makanan panas di kulkas

Sebagai orang-orang yang mandiri, Iky tahu betul kamu cenderung menyimpan makanan untuk dimakan kelak. Hanya saja, sebaiknya diamkan makananmu di suhu ruangan hingga ia mendingin. Jangan pernah memasukan makanan panas ke kulkas karena akan membuat kulkas bekerja dua kali lebih berat.

Sumber foto: Justin Bieber Fan Fiction

Cara meminimalisir tagihan listrik tanpa mengurangi penggunaan AC was last modified: August 18th, 2016 by Admin