© 2019, Norebro theme by Colabr.io Team, All right reserved.

Bincang Soal Film Dokumenter dan Poster Film


Toshiko Potoboda - May 1, 2019 - 0 comments

Setiap tahunnya, Europe On Screen selalu mengadakan workshop seputar pefilman. Tentunya special guest-nya berasal dari kru film yang diputar di EOS.

Kali ini, Iky mendapat kesempatan untuk kenalan lebih jauh dengan Amira Daoudi dan Karol Lindholm. Mereka berdua adalah sineas muda yang karya-karyanya cukup berpengaruh.

Bincang soal film dokumenter dengan Karol Lindholm

Karol Lindholm merupakan seorang pembuat film dokumenter muda asal Polandia. Selain menjadi seorang sutradara, Karol juga seorang operator kamera yang membuat gambar dalam film semakin ciamik.

Di tahun 2018, Karol menulis dan menyutradarai film pendek berjudul In A Lion. Film ini berhasil masuk nominasi festival film di Polandia. Realitas yang terjadi pada kehidupan nyata membuat Karol mencintai film dokumenter.

“Masyarakat harus dikasih tahu realita nyata yang sedang terjadi. Asalnya bisa dari beragam isu yang lagi hangat-hangatnya,” ungkapnya.

Baginya film tidak hanya harus menjadi sarana hiburan, tapi juga harus memberikan efek edukasi kepada masyarakat.

“Bikin film dokumenter bisa dikatakan gampang-gampang susah. Kita harus jeli dan benar-benar merekam kejadian sebenarnya melalui kamera. Sama seperti ketika kita melihat melalui mata kita sendiri,” jelasnya lebih lanjut.

Nah, film garapan Karol berjudul In A Lion ini juga diputar di EOS 2019 ini lho. Coba deh, tonton! Terutama untuk kamu yang hobi menggarap film dokumenter.

Menggarap poster film dengan Amira Daoudi

Dara cantik dari Belgia ini menjadi salah satu pembuat film poster yang patut kita perhatikan. Karya-karya Amira sudah masuk ke beberapa nominasi; seperti Festival Film Cannes, Academy Awards, dan masih banyak lagi lho. 

Buat Amira, membuat sebuah poster film berarti membuat “karya yang penuh gairah”.

“Poster film yang bagus enggak cuma harus menarik, tapi membuat penasaran orang yang melihatnya,” katanya.

Menurutnya ide bisa datang dari mana saja. Yang terpenting adalah terlebih dahulu mengetahui garis besar atau kesimpulan yang mau diceritakan film itu sendiri.

“Semua elemen dalam film harus tertuang kedalam satu gambar; baik itu pesan, cerita, tone warna dan masih banyak lagi lainnya,” jelasnya

EOS 2019 juga menampilkan film yang posternya didesain oleh Amira loh! Diantaranya ada Cargo, In Blue, dan Zagros.

Bagaimana, belajar banyak? Maka itu, buat yang kelewatan EOS tahun ini, jangan lupa untuk tahun depan ya!

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *