Women

Berapa seharusnya kita mengeluarkan uang untuk kebahagiaan diri sendiri?

Berapa seharusnya kita mengeluarkan uang untuk kebahagiaan diri sendiri

Di umur-umur berdikari ini, kita seharusnya bisa bertanggung jawab terhadap pengeluaran dan pemasukan kita sendiri. Itu berarti sudah sewayahnya kita melihat prioritas pengeluaran untuk uang sewa, tagihan, bahan makanan, transportasi, dan semacamnya.

Iya semua itu penting, apalagi kalau kamu bisa menyisihkannya untuk tabungan. Namun, sudahkah kamu menyisihkan bujet untuk melakukan beberapa hal yang bisa bikin kamu bahagia?

Berapa seharusnya kita mengeluarkan uang untuk kebahagiaan diri sendiri

Baca juga: Latih 5 kebiasaan kecil ini untuk hidup lebih hemat

Kenapa Iky bilang menyisihkan, karena memang itu yang harus kamu lakukan. Alih-alih membelanjakannya dengan sisa uang setelah membelanjakan semua tagihan, kamu justru harus punya angka tersendiri; tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak

Dilansir dari Hellogiggles, Ellie Thompson, CEO firma konsultasi keuangan Money Therapy menjelaskan kalau kebanyakan generasi milenial mengalami kesulitan finansial karena mereka membeli barang yang mereka pikir membuat mereka senang.

Padahal, sebelum membelinya, ada baiknya kita duduk dengan tenang, menghitung jumlah anggaran dan tentukan berapa banyak barang atau jasa yang benar-benar membuat kita senang. Dengan mengurutkannya, maka kita akan lebih mudah untuk menyingkirkan yang tidak penting.

Hindari melihat-lihat barang terlebih dahulu kemudian baru berpikir “Butuh nggak ya?”. Pemikiran seperti ini yang membuat kita cenderung impulsif, yang akhirnya berakhir pada “Yah, saya yang beli, saya yang nggak pakai!”

Berapa banyak anggaran untuk merawat diri?

Berapa seharusnya kita mengeluarkan uang untuk kebahagiaan diri sendiri

Sebelum menentukannya, kamu harus membaginya dengan presentase yang masuk akal. Thompson mengungkap kalau presentase yang ia anjurkan adalah 50% untuk biaya tetap (sewa, transportasi, listrik, dll), 20% untuk menabung, dan 30% untuk pembelanjaan sesukamu.

Eits, itu bukan berarti anggaran merawat diri adalah 30% itu, melainkan diambil dari presentase tersebut. Kamu bisa menentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan; toh itu asalnya dari anggaran belanja suka-suka. Namun, kami sarankan untuk tidak mengambil semuanya. Pastikan presentasenya sendiri dan tetaplah pada angka itu.

Baca juga: 5 Hal yang perlu kamu ungkapkan dalam review kenaikan gaji

Cari kebahagiaan yang lebih sedikit butuh uang

Berapa seharusnya kita mengeluarkan uang untuk kebahagiaan diri sendiri

Baca juga: Apakah kamu masuk ke dalam zodiak paling pelit dan boros ini?

Kebahagiaan itu bisa datang dari mana saja; bisa dari beli tas baru namun bisa juga dari ‘me time’ yang isinya makan enak plus pijat selama satu jam. Kalau rasa kebahagiaannya sama, kamu tahu dong harus memilih yang mana. Lagipula, sisa bujetnya bisa jadi tambahan untuk ngopi harian kamu.

Intinya kamu harus pintar memilih. Kalau ternyata untuk membayar kebahagiaan kamu itu harus liburan ke negeri orang, sebagai gantinya potong jatah ngopi fancy kamu. Demikian adanya! Hey, tidak semuanya bisa kamu rengkuh dengan gaji kamu yang segitu, berapapun jumlahnya sekarang!

Sekali lagi, menghabiskan sebagian uang hasil jerih payah kamu itu nggak pernah salah. Membuat anggarannya memang terasa seperti kriminalisasi terhadap dirimu sendiri, namun jangan buat itu terlalu sulit. Toh itu juga supaya kamu masih bisa survive terhadap pengeluaran-pengeluaran dadakan di kedepannya.

Berapa seharusnya kita mengeluarkan uang untuk kebahagiaan diri sendiri? was last modified: May 9th, 2018 by Admin