Living Well

Berapa banyak harusnya kita makan telur sehari?

Telur adalah solusi makan praktis dengan biaya murah. Kadang kala untuk menghemat pengeluaran harian, tanpa sadar hampir setiap hari kamu menggunakan telur sebagai lauk makan siang atau pun makan malam.

Sayangnya, makan telur terlalu sering bisa memberikan efek samping negatif untuk tubuh kita. Selain meningkatkan kolesterol, mengkonsumsi telur terutama kuningnya bisa meningkatkan resiko diabetes, menambah berat badan, hingga ketidakseimbangan hormon.

Baca juga: 5 Hal yang bisa kamu nikmati di Ho Chi Minh, Vietnam

Dalam risetnya yang dipublikasikan secara online di jurnal Atherosclerosis, Dr. David Spence menemukan bahwa orang yang makan kuning telur secara rutin memiliki 2/3 penumpukan plak di pembuluh darah.

Dr. David Spence juga menegaskan bahwa penumpukan plak ini hampir sama dengan proses penumpukan plak pada perokok. Adapun penumpukan plak ini bisa meningkatkan resiko kenaikan tingkat kolesterol jahat hingga penyakit jantung.

Baca juga: 7 Makanan yang hanya akan bikin kamu nggak mood

Oleh karena itu, dianjurkan agar kita tidak berlebihan dalam mengonsumsi telur. Dilansir dari Eat Right Ontario, orang sehat tanpa gejala kolesterol jahat, diabetes, dan riwayat jantung bisa mengonsumsi telur sebutir untuk satu hari.

Namun bila kita adalah orang dengan gejala di atas, kita harus membatasi satu hingga dua telur per minggu. Pilihan lainnya, cobalah untuk mengonsumsi putih telurnya saja dan kurangin konsumsi kuning telur.

Berapa banyak harusnya kita makan telur sehari? was last modified: July 25th, 2017 by Admin