Living Well, Women

Kurangi konsumsi 4 makanan ini jika kamu ingin awet muda

Siapa sih yang nggak sebal kalau dibilang punya muka tua dibanding umur yang sebenarnya? Semua orang khususnya wanita pasti ingin terlihat awet muda, maka dari itu banyak perawatan kecantikan yang mengandung formula anti aging untuk meminimalisir penuaan.

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata penuaan dini tidak hanya dipengaruhi oleh cuaca dan polusi melainkan juga dari makanan yang kita konsumsi? Nah, biar muka kamu tetap kinclong alias awet muda, ada beberapa makanan yang perlu kamu hindari seperti berikut ini:

1. Gula

Ini nih yang agak sulit! Si manis yang banyak ditemui di dessert nikmat ini ternyata perlu sedikit kamu kurangi kalau ingin wajah kurang keriput dan iriitas.

Dilansir dari jurnal kesehatan, kebanyakan makan gula dapat mempengaruhi gilkasi, yaitu proses terjadinya penggumpalan protein atau lemak dengan glukosa. Nah, proses ini yang menyebabkan jaringan di seluruh tubuh jadi kaku yang akhirnya menyebabkan keriput.

2. Alkohol

Minuman ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tapi juga dapat mempercepat proses penuaan dini. Minuman beralkohol tidak mengandung nutrisi, melainkan ia menghancurkan jumlah nutrisi yang sudah ada dalam tubuh.

Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menurunkan kadar vitamin A. Sedangkan, vitamin A merupakan faktor penting untuk produksi kolagen yang berfungsi menjada elastisitas kulit dan kekuatan rambut.

Tidak hanya itu, alkohol juga dapat menyumbat reproduksi sel-sel baru yang seharusnya digantikan dengan sel-sel yang telah mati serta memperlebar pembuluh darah dalam wajah. Hal ini yang membuat wajah terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya.

3. Kopi

Hindari mengonsumsi kopi berlebihan jika kamu tidak mau terlihat lebih tua. Idealnya, mengonsumsi kopi hanya dianjurkan satu sampai dua gelas sehari.

Kafein yang terdapat dalam kopi dapat membuat kamu dehidrasi dan membuat kulit kekurangan air. Inilah yang membuat kulit kamu jadi lebih cepat kering dan tidak awet muda.

4. Garam

“Bagai sayur tanpa garam”, pasti pernah dong dengar lirik lagu itu? Ya, memang kalau makan nggak pakai garam rasanya hambar seperti pacaran tapi nggak ada masalah, loh!

Mengonsumsi garam berlebih dapat menyebabkan naiknya tekanan darah yang berakibat pada penuaan dini karena garam dapat membuat dehidrasi sehingga membuat kulit lebih cepat kering dan juga tidak awet muda.

Kurangi konsumsi 4 makanan ini jika kamu ingin awet muda was last modified: February 2nd, 2017 by Mellysa Ariani