Living Well

Apakah olahraga singkat itu efektif?

Apakah olahraga singkat itu efektif?

Kabar gembira untuk kamu yang bilang ‘nggak punya waktu untuk berolahraga’. Intinya saat ini olahraga singkat itu jadi tren gaya hidup sehat yang akan bikin kamu tidak ada alasan lagi untuk skip berolahraga.

Alih-alih menghabiskan waktu banyak untuk berolahraga, ternyata orang mulai melirik latihan singkat. Sebuah layanan kebugaran ClassPass mengungkap data bahwa peminat kelas di bawah 45 menit mengalami peningkatan signifikan. Diperkirakan tren ini akan terus meningkat pada 2019

Waw, lantas kamu pasti membayangkan sebuah latihan singkat yang ekstrim dan membuat seluruh ototmu menegang. Tidak juga, kuncinya adalah intensitas. Menurut sebuah studi di McMaster University di Ontario, latihan yang lebih pendek bisa sama efektifnya dengan latihan yang lebih lama.

Para peneliti membandingkan sprint interval training (SIT) dan moderate-intensity continuous training (MICT). SIT melibatkan satu menit latihan intensif dalam waktu sepuluh menit, sedangkan MICT melibatkan 50 menit latihan terus-menerus per sesi.

Baca juga: 7 Cara melarikan diri singkat saat stress dan deadline menumpuk

Bagaimana hasilnya? Dua belas minggu latihan interval singkat yang intensif meningkatkan indeks kesehatan kardiometabolik hingga setara dengan pelatihan MICT; meskipun volume latihan lima kali lebih rendah dan jumlah komitmen waktu latihan

Hal ini menunjukkan bahwa latihan cepat yang intens sama bermanfaatnya dengan sesi latihan daya tahan yang lebih lama. Jadi pada dasarnya, sebaiknya kamu memilih waktu yang lebih singkat dengan intensitas latihan yang lebih sering.

Baca juga: Bukan hanya untuk diet, olahraga juga bisa bikin kamu pintar

Ingin mencoba? Mungkin kamu bisa mengikuti video YouTube berikut:

Apakah olahraga singkat itu efektif? was last modified: January 14th, 2019 by Admin