Living Well

8 Hal ajaib untuk kamu yang minum air sesaat setelah bangun tidur

Tubuh manusia terdiri dari 70% cairan sehingga sangat penting untuk menjaga kadar air dalam tubuh tetap stabil. Kurang minum air putih dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti hipertensi, obesitas, migrain, sinusitis dan dapat meningkatkan resiko kanker.

Rupanya, meminum air putih sesaat setelah bangun tidur, dalam keadaan perut kosong, ternyata dapat meningkatkan manfaatnya daripada meminumnya setelah makan. Oh ya? Berikut adalah delapan hal yang akan terjadi jika kamu secara rutin meminum air putih setelah bangun tidur:

Detoksifikasi

Saat kamu tidur di malam hari, organ tubuh bekerja untuk memproses pengeluaran racun dalam badan. Meminum air putih saat bangun tidur bisa membantu mengeluarkan toksin berbahaya.

Baca juga: 5 Cara detoks ruangan yang bisa bikin kamu lebih sehat

Meningkatkan metabolisme

Meminum air dalam keadaan perut kosong meningkatkan kemampuan metabolisme sebesar 24%. Hal ini sangat penting untuk kamu yang sedang menjalani diet. Sistem metabolisme yang baik secara langsung berimbas pada meningkatknya proses pencernaan makanan.

Air putih mendukung diet

Dengan meningkatnya proses pencernaan, tubuh akan tidak mudah merasa lapar. Meminum air putih akan mendukung usahamu untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi keinginan makan berlebih.

Baca juga: The Sense Diet Scandi: Cara diet dengan ukuran segenggam tangan

Mengurangi mulas dan gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan, yang biasanya diindikasikan dengan perut mulas, disebabkan oleh meningkatnya tingkat asam dalam perut. mengalami sakit maag karena asam dalam lambung naik ke kerongkongan. Dengan meminum air putih dalam keadaan perut kosong, asam ini ditekan dan diencerkan sehingga maag pun dapat dihindari.

Merawat kesehatan kulit

Dehidrasi bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan keriput. Meminum 500 ml air setelah bangun tidur dapat meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit kamu sehat serta terlihat bersinar.

Membuat rambut lebih sehat

Tiap helai rambut kamu hampir seperempatnya dibentuk oleh air. Oleh karena itu, dehidrasi berefek langsung pada kesehatan rambut kamu. Rajin meminum air setelah bangun tidur dapat menutrisi rambut dari dalam, membuat rambutmu tampak sehat dan berkilau.

Mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih

Langsung meminum air putih setelah bangun tidur penting untuk mencegah pembentukan batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Air yang kamu minum dalam keadaan perut kosong akan mengencerkan asam yang menjadi pemicu pembentukan batu ginjal.

Meningkatkan sistem imun

Sistem limfatik berfungsi mengalirkan limfa dalam tubuh dan mengeluarkan racun serta limbah yang dapat menyebabkan tubuh sakit. Meminum air putih setelah bangun tidur dapat menyeimbangkan sistem limfatik yang berakibat pada meningkatnya daya tahan tubuh kamu terhadap penyakit.

Baca juga: Jangan kaget, ini manfaat mandi air dingin di pagi hari

Manfaat air putih ternyata memang luar biasa, ya? Terutama jika kamu meminumnya sesaat setelah bangun tidur. Oleh karena itu, biasakan langsung minum air putih setelah bangun tidur, ya!

8 Hal ajaib untuk kamu yang minum air sesaat setelah bangun tidur was last modified: August 23rd, 2018 by Indah Salimin