Living Well, Women

7 Cara menghilangkan stres tanpa ke psikiater

Stres bisa disebabkan karena kamu baru putus atau mungkin hanya terlalu banyak bekerja. Tentunya saat stres nampak sangat menyebalkan dan Iky paham kenapa kamu jadi suka marah-marah! 

Kalau kamu saat ini belum punya waktu beristirahat, sebenarnya ada beberapa cara mudah untuk sekadar mengurangi tingkat stres. Nah, berikut ini Iky berikan beberapa cara menghilangkan stres yang bisa kamu aplikasikan di rumah.

1. Berolahraga dan meregangkan otot

Tidak perlu ikut kelas fitness, sedikit peregangan dan pergerakan badan pun bisa melepaskan hormon serotonin (hormon bahagia) untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

2. Tersenyum

Tersenyum saat tertekan mungkin membuat kamu terlihat gila. Tunggu dulu, paksalah dirimu untuk tersenyum selama lima menit dan rasakan kepalamu akan jadi mulai ringan.

Kamu bisa membaca kolom love stikynote, atau membuka video lucu di YouTube. Video kucing pun bisa jadi pilihan. Dilansir dari Purewow, baru-baru ini ada sebuah penelitian yang mengatakan humor dari video kucing sangat baik untuk psikologis.

3. Mengendus jeruk

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aroma jeruk yang dikupas secara drastis dapat mengurangi stres. Jadi, kupaslah sendiri jerukmu dan makanlah agar tubuh pun mendapat asupan vitamin C.

4. Latihan pernapasan

Kita bisa mencoba latihan pernapasan selama tiga menit yang dibuat oleh John Sahakian, hipnoterapis dan instruktur Yoga dari Los Angeles.

Cobalah untuk duduk senyaman mungkin, tutup mata, dan fokus terhadap napas dari lubang hidung dan dadaMU. Ambilah napas panjang sekitar 12-15 kali. Rasakan perbedaannya setelah kamu membuka mata.

5. Bermain dengan pensil warna

Studi menunjukkan bahwa buku mewarnai dewasa bisa membantumu untuk menanggulangi stres dan insomnia. Cobalah untuk mewarnai apapun di sela-sela pekerjaan kita agar lebih tenang.

6. Pergi mendaki

Memang pergi mendaki butuh waktu yang cukup lama, hanya saja menghirup udara segar selama beberapa menit bisa membuat pikiran lebih tenang. Alternatif lain, berjalanlah sedikit di taman sambil menghirup udara segar

7. Berteriak

Ya, semua rasanya sudah tahu kalau berteriak membuat kamu merasa lebih plong. Kalau kamu sudah merasa ini di luar batas kemampuan, berteriaklah sebentar dan semua akan terasa jadi lebih baik.

Sumber foto: Wallpaper Paris

7 Cara menghilangkan stres tanpa ke psikiater was last modified: February 2nd, 2017 by Admin