Scroll to top

7 Cara melawan nafsu makan tinggi karena stres


Toshiko Potoboda - October 17, 2019 - 0 comments

Apakah benar kalau stres meningkatkan nafsu makan?
7 Cara melawan nafsu makan tinggi karena stres. Sumber foto: Pixabay

Semua keadaan sedang tidak berpihak padamu. Pasangan sedang membosankan, kamu habis dimarahi atasan, dan tiba-tiba teman terdekatmu tidak ada yang bisa diajak ketemuan.

Mungkin saat ini kamu sedang jengkel dengan keadaan. Kemudian nafsu makan jadi meningkat. Umm, sebenarnya apakah stres benar-benar memengaruhi banyaknya makanan yang kamu konsumsi?

Ini lebih kepada soal pelarian, sih! Kadang ketika kamu ditekan sana-sini, kamu cenderung ingin mencari kebebasan. Nah, bebas untuk makan apapun itu jadi solusi paling mudah dan paling salah. Ya enggak sih? Nah, sebenarnya kamu bisa mencari teknik makan ketika kamu benar-benar sedang stres. Mungkin berat badan kamu tetap akan naik, namun tidak separah kalau kamu tidak melakukan trik ini.

Jadi, mari disimak! Berikut adalah tujuh cara melawan nafsu makan tinggi karena stres:

1. Perhatikan kembali alasan kamu makan

Ada dua alasan butuh makanan. Pertama karena kamu benar-benar lapar. Yang kedua, hanya emosi belaka.

Laman Medical News Today mengungkap bahwa stres bisa meningkatkan hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan. Hormon ini juga memengaruhi keinginan kamu untuk makan yang manis dan berlemak.

Sebaiknya ketika lapar, kamu bertanya pada dirimu; apakah ini karena lapar, stres, atau iseng. Ketika bertanya, kamu akan cenderung lebih waspada. 

2. Lakukan yoga atau meditasi

Yoga atau meditasi sederhana mungkin tidak berpengaruh terhadap diet kamu. Namun, keduanya menurunkan kadar stres secara keseluruhan. Jadi, secara berkala kegiatan positif ini mengurangi kebiasaan makan kamu yang berhubungan dengan stres.

3. Istirahat

Melepaskan diri sejenak dari hal yang bikin kamu stres bisa sangat membantu. Berjalan-jalan tanpa gadget bisa jadi solusi kalau kamu benar-benar tak bisa ijin untuk liburan.

4. Perbanyak sayur dan buah

Junk food kala stres memang enak sih! Terus dessert-nya kue cokelat. Well, jadi jaga badan enggak sih?

Ini soal mengubah kebiasaan makan. Jauhkan makanan manis dan berlemak dari kulkas atau dapur kamu. Ganti dengan yang sehat, berserat, dan mengandung gula alami.

5. Jangan begadang

Sudah banyak penelitian yang mengungkap bahwa kurang tidur memicu nafsu makan. Selain itu, kurang tidur juga bikin adrenalin kita tidak seimbang dan kadar kortisol jadi meningkat.Ingat, tidur juga jadi bagian indah untuk melepaskan stres.

6. Cukup minum

Perbanyak minum air putih dan hindari minuman bergula. Secangkir teh tanpa gula juga bisa menurunkan stres, lho!

7. Berdamai dengan diri sendiri

Kita boleh salah, namun jangan sampai kita menyalahkan diri sendiri. Just focus on what you can control, not on what you can’t control. Ketika kita berdamai dengan diri sendiri, maka kita juga jadi sadar betul terhadap apa yang kita konsumsi.

Author avatar

Toshiko Potoboda

http://www.toshikoiko.wordpress.com
Drummer perempuan yang suka nulis di Stikynote.com sambil minum mocha dingin less sugar.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *