Living Well

5 Makanan detoks bagi kamu yang hobi makan brutal

5 Makanan detoks bagi kamu yang hobi makan brutal

Saat ini, industri kuliner sedang sangat ramai dengan banyaknya makanan yang unik dan menarik. Sulit memang untuk menolak berbagai jenis makan yang menawan hati itu. Sayangnya, tidak sedikit makanan yang tergolong “jahat” alias terbuat dari bahan kurang serat atau mengandung zat-zat kimia yang tidak baik untuk tubuh.

Tidak hanya itu, mungkin ada juga beberapa di antara kamu yang hobi banget makan tapi dietnya angot-angotan Bisa jadi malah lebih banyak cheating day-nya daripada dietnya. Untuk itu, kamu mungkin lebih cocok dengan metode detoks. Kamu bisa memulainya dengan dua sampai tiga kali seminggu.

Kali ini, Stikynote ingin memberikan beberapa bahan makanan yang sebaiknya kamu simpan untuk masa detoks. Makanan ini dapat membantu tubuh kita dari berbagai racun dari makanan maupun lingkungan kita. Apa saja? Yuk, siap-siap belanja!

Air lemon di pagi hari untuk detoks

Lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat baik untuk proses detoksifikasi. Selain itu, asam sitrus yang ada di dalam lemon membantu tubuh menguraikan racun dan menstimulasi saluran pencernaan. Rajin mengkonsumsi segelas air hangat dengan perasan lemon setiap bangun tidur dijamin dapat membuat pencernaanmu terselamatkan.

Baca juga: 8 Hal ajaib untuk kamu yang minum air sesaat setelah bangun tidur

Greentea

 

Jenis teh satu ini juga kondang dengan manfaat detoksifikasinya. Greentea mengandung sejenis antioksidan yang disebut catechin yang bisa membantu pencernaan kamu berjalan dengan lebih optimal. Selain itu, greentea juga bisa melindungi fungsi hati dan melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.

Bawang putih

Membayangkan makan bawang putih mentah-mentah, rasanya sudah pasti tidak enak. Tapi, ternyata, bawang putih bisa menjadi anti virus, anti bakteri, antibiotik bagi tubuh kita. Bukan hanya itu, kandungan allicin yang tinggi mendorong pembentukan sel darah putih yang bisa memerangi racun dalam tubuh.

Cara terbaik memakannya adalah dalam keadaan mentah. Untuk mengurangi rasa getir dan aroma menyengatnya, kamu bisa mencampurkannya dengan saus salad.

Baca juga: Manfaat keju yang tidak melulu bikin gendut

Apel

Kandungan serat dan nutrisi yang tinggi pada apel merangsang produksi empedu yang digunakan hati untuk melepaskan racun. Serat larut dalam apel, yang biasa disebut pektin, membantu tubuh melepas logam berat dan zat adiktif dalam makanan yang kamu makan.

Minyak omega-3

Makanan-makanan yang digoreng memang paling juara rasanya, namun juga memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Untuk mengimbangi kebiasaan makan gorengan ini, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak omega-3 seperti ikan salmon, tuna, bayam, dan brokoli. Omega-3 dapat membantu lambung mengeliminasi racun dan mengeluarkannya melalui saluran pencernaan.

Baca juga: Redam stress di kantor dengan konsumsi 7 makanan dan minuman berikut

Itu dia, makanan-makanan yang dapat menyelamatkanmu dari pola dan pilihan makan yang tidak sehat. Coba yuk, cintai makanan-makanan di atas dan biasakan diri untuk hidup lebih sehat.

5 Makanan detoks bagi kamu yang hobi makan brutal was last modified: September 11th, 2018 by Indah Salimin