Women

5 Kandungan skin care pilihan untuk menghilangkan bekas jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang seolah tidak ada habisnya dibicarakan. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga bisa membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri.

Alih-alih menggunakan make-up tebal untuk menutup jerawat, kamu bisa menggunakan kandungan skin care yang bisa membantu untuk menghilangkan jerawat. Penasaran apa saja kandungannya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

AHA

Alpha Hydroxy Acid atau yang biasa dikenal dengan singkatan AHA merupakan senyawa kimia aktif yang mampu mengangkat lapisan terluar sel kulit mati. Beberapa manfaat AHA untuk wajah yaitu; mengurangi bekas jerawat, mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi munculnya garis halus dan kerutan.

Produk skin care yang mengandung AHA bisa digunakan di pagi dan malam hari. Namun, beberapa studi membuktikan bahwa penggunaan produk AHA di pagi hari mampu menyebabkan photosensitivity atau iritasi terhadap paparan sinar matahari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setelah menggunakan AHA, ya!

Benzoyl Peroxyde

Benzoyl Peroxyde merupakan salah satu kandungan skin care yang sudah ada sejak dahulu kala dan biasa digunakan untuk mengeringkan jerawat dan memudarkan bekas jerawat. Kandungan satu ini paling mudah ditemukan di beragam produk skin care, baik lokal maupun internasional. Kamu bisa menemukan produk yang mengandung Benzoyl Peroxyde dalam bentuk krim, sabun cuci muka, serta spot treatment.

Sayangnya, tidak semua orang cocok dengan kandungan ini. Iritasi, gatal, dan kulit wajah kering merupakan beberapa kekurangan dari Benzoyl Peroxyde.

Baca juga: Cara paling mudah agar make-up terlihat lebih sehat dan segar

Tea Tree Oil

Kandungan berikutnya pasti sudah tidak asing lagi bagi para pecinta skin care yaitu Tea Tree Oil. Kandungan satu ini dikenal sebagai salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat karena Tea Tree Oil mengandung antiseptik dan antibacterial yang bisa mencegah tersumbatnya pori-pori dan mengurangi bekas jerawat.

Kamu bisa menemukan produk Tea Tree Oil dengan mudah. Untuk menggunakan Tea Tree Oil, cukup tuangkan dua hingga tiga tetes kemudian di totol ke area wajah yang bermasalah. Karena teksturnya, Tea Tree Oil lebih baik digunakan saat malam hari.

Salicylic Acid

Produk berikutnya adalah Salicylic Acid. Kandungan anti-inflamasi yang terkandung di dalam Salicylic Acid mampu meredakan peradangan ketika jerawat muncul.

Salicylic Acid juga dapat mengangkat kotoran penyumbat pori-pori yang dapat mengakibatkan munculnya komedo. Tidak heran kalau kandungan satu ini seringkali hadir di dalam rangkaian produk untuk menghilangkan jerawat.

Centella Aciatica

Last but not least, ada kandungan yang belakangan ini sedang ramai digandrungi para penggemar skin care yaitu Centella Aciatica. Jenis tumbuhan yang juga dikenal dengan sebutan gotu kola atau daun pegangan ini tergolong sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Selain untuk kesehatan, ternyata kandungan alami satu ini juga mampu mengatasi tanda-tanda penuaan, menghilangkan bekas jerawat, dan menangani permasalahan kulit.

Baca juga: 7 Bahan pengganti make-up remover kalau sedang kepepet

Itu dia 5 kandungan skin care yang mampu menghilangkan bekas jerawat. Nah, coba cek lagi ya skin care kamu, ada yang mengandung 5 kandungan di atas, nggak?

Sumber foto: US Weekly

5 Kandungan skin care pilihan untuk menghilangkan bekas jerawat was last modified: November 9th, 2018 by Siti Nur Mawaddah Amini