Women

5 Hal yang wajib kamu lakukan supaya bisa move on dari mantan

Well, actually there’s no good way to deal with a broken heart. Apalagi ketika hubungan itu sudah terjalin selama bertahun-tahun kamu sagat sayang dan peduli dengannya. But life must go on. You have to step forward! The broken things could not be fixed, so leave it and search for a new one.

Sounds easy huh? Sebenarnya sih susah-susah gampang! Maka dari itu dalam artikel ini ada beberapa tips yang mungkin membantu buat yang baru putus cinta atau patah hati. So here it goes:

1. Cry it out loud

Putus cinta tentunya sangat menyakitkan dan menyedihkan, maka dari itu wajar jika kamu bersedih dan menangis. Jadi, menangislah! Jangan ditahan agar ingin terlihat tegar dan kuat. Kamu manusia yang juga punya emosi dan keluarkanlah emosi itu.

Namun, perlu kamu perhatikan, sebaiknya kamu menyalurkan emosi di tempat dan waktu yang tepat. Jika kamu ingin teriak, pergi saja ke tempat hiburan naik permainan yang menantang lalu kamu bisa teriak sepuasnya. Atau mungkin pergilah karaoke, nyanyi sepuasnya.

Merasa marah? Lampiaskanlah dengan ikut trial class kickboxing atau muay thai. Mau menangis, kunci kamar kamu dan menangislah seharian. Tapi ingat yah jangan larut terlalu dalam emosi. Ingat bahwa hidup kamu belum berakhir dan masih ada fase hidup yang harus dijalani.

2. Be Productive

Kata orang nih, salah satu cara untuk mengobati patah hati adalah dengan mencari kesibukan jadi biar nggak keinget terus sama mantan pacar. Well, nggak juga sih. Ada saja momen yang bikin keinget hehe.

Setelah puas menangis dan bersedih, tibalah saatnya memanfaatkan waktu untuk melakukan hal yang produktif. Mungkin kalau selama ini hari Sabtu dan Minggu waktunya buat jalan sama pacar, waktu yang kosong itu bisa digunakan untuk melakukan hobi atau mengikuti kursus atau volunteering, bisa juga dengan bertemu teman lama.

Manfaatkanlah waktu-waktu luang itu. Kamu jadi bisa meningkatkan skill dan bertemu teman-teman baru. Siapa tahu kamu juga dapat pacar baru dari situ!

3. Do not stalk ex-boyfriends social media

Nah ini nih yang bikin kita jadi susah move on. Adanya sosial media membuat kita jadi gatal ingin cari tahu kegiatan mantan pacar. Dia sekarang ngapain? Apakah dia sedih atau bahagia? Apa udah punya gebetan baru? Semakin kamu cari tahu, semakin kamu stalking akan bikin kamu susah untuk move on.

Just block or mute his social media. Kalau kamu nggak bisa melakukan hal itu, ada baiknya juga kamu rehat sejenak dari sosial media. Nggak bagus juga kalau kamu sering galau-galau di sosial media. Rehat sejenak dari sosial media, cari kegiatan di kehidupan nyata supaya kamu menjadi tenang.

4. There’s no winner or loser

Ketika hubungan berakhir, tidak ada yang menang atau kalah. Tidak ada yang salah atau benar. Jadi berhenti menilai-nilai siapa yang benar atau salah. Jangan menyalahkan diri sendiri dan juga jangan menyalahkan dia atas berakhirnya hubungan.

Siapapun yang punya pacar terlebih dahulu juga bukan dia pemenangnya dan yang lain menjadi pecundang. Cobalah melihat masalah dari perspektif yang berbeda. Mencoba menempatkan posisi kita di posisi mantan, begitu juga sebaliknya. Sehingga bisa saling mengerti perasaan masing-masing dan berdamai dengan masa lalu.

5. Let It Go

Ini yang paling sulit. Mencoba melepaskan sesuatu yang kita sendiri sebenarnya belum tau pasti apakah kita sudah rela melepaskan semuanya. Tapi memang itu yang harus dijalani. Ikhlas. Mengikhlaskan bahwa hubungan sudah berakhir, mengikhlaskan bahwa kalian sudah tidak lagi bersama, mengikhlaskan bahwa dia mungkin tidak kembali lagi.

Hal ini memang yang paling berat tapi ketika kamu pelan-pelan melakukannya, lama-kelamaan kamu akan bisa berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup dengan tenang. Mungkin semuanya tidak bisa kembali dengan sedia kala, tapi setidaknya kamu menjadi tenang dan no more galau.

5 Hal yang wajib kamu lakukan supaya bisa move on dari mantan was last modified: September 22nd, 2016 by Rantika Adhiningtyas