Women

5 Hal tentang kartu kredit yang lebih baik kamu hindari

Dasar kalian yang suka banget belanja! Kalau mungkin kamu adalah orang-orang yang bertahan untuk tidak punya credit card karena takut terlilit hutang, kini hampir semua hal menggunakan kartu tersebut. Iya, semua hal itu benar-benar menutut kamu untuk punya satu kartu kredit.

Baca juga: 6 Pekerjaan yang bisa kamu pilih bila tidak ingin ngantor

Sebenarnya punya kartu kredit itu tidak masalah. Jadi masalah karena kamu yang selama ini salah mempergunakannya. Kali ini Iky mau bikin kamu lebih pintar eh bijak. Ini dia 5 hal tentang credit card yang lebih baik kamu hindari supaya kamu tidak terlibat hutang kartu kredit.

1. Terlalu banyak menyimpan kartu kredit di dompet

Ini gila! Tahukah kamu rata-rata rekening kredit yang dimilki konsumen adalah sembilan? Padahal punya kartu kredit berlebihan itu bisa dikatakan sebagai tindakan yang berbahaya. Bayangkan, jika terjadi kehilangan atau pencurian, kamu harus melapor ke semua bank itu sebelum orang lain membelanjakannya. Duh!

2. Mengisi saat kamu membutuhkannya

Jangan dibolak-balik! Pastikan kamu mengambil kredit dari limit yang masih ada di kartu kredit milikmu. Jangan sampai kamu belanja begitu hebohnya sehingga kamu mempergunakan credit card layaknya top-up saldo hutangmu.

Baca juga: Latih 5 kebiasaan kecil ini untuk hidup lebih hemat

3. Tidak membaca surat kreditur

Surat atau surel yang dikirimkan bank penerbit kartu kredit memang panjang-panjang. Sementara itu, mungkin kamu adalah orang yang hanya melihat jumlah pembayaran dan tanggal jatuh tempo. Duh, bahaya juga nih!

Bukan tidak mungkin di surat kreditur itu, bank mengingatkanmu akan perubahan struktur biaya, tingkat suku bunga, program dan berbagai potongan serta masa tenggangmu. Ini juga yang bisa menyebabkan kamu jadi tidak memanfaatkan secara efisien kartu kreditmu.

4. Menggunakan rekening kredit sebagai ATM

Kamu tahu tidak kalau biasanya bank membebankan biaya antara dua sampai empat persen untuk tarik tunai? Jumlah ini jauh lebih tinggi daripada pembelian. Yup, beberapa pembelian bahkan menerapkan promo cicilan 0%. ITU YANG HARUSNYA KAMU MANFAATKAN!

Baca juga: Cara meminimalisir tagihan listrik tanpa mengurangi penggunaan AC

5. Kehilangan jejak reward poin

Banyak pemegang kartu kredit tidak memantau poin reward yang mereka dapatkan, dan akhirnya kehilangan semua barang yang mereka inginkan. Cek selalu reward poin credit card-mu! Siapa tahu ada beberapa barang favorit yang bisa kamu beli dengan reward poin.

Sumber foto: Fugoal

5 Hal tentang kartu kredit yang lebih baik kamu hindari was last modified: November 30th, 2017 by Admin