Scroll to top

4 Manfaat melatih postur tubuh yang tepat


admin - September 26, 2019 - 0 comments

Bagaimana posisi duduk kamu? Bisa jadi kamu membungkuk atau mungkin agak miring. Atau kamu seringnya menyilangkan kaki? Gaya duduk sehari-hari memengaruhi cara kamu berpose di kamera atau berdiri di pesta, loh! Tentu kamu enggak mau postur kamu kelihatan jelek, kan?

Tenang, kamu bisa memperbaiki postur tubuh kamu kok. Sejatinya, postur adalah posisi saat kita menopang tubuh; baik berdiri, duduk, atau tiduran. American Chiropractic Association pernah menjelaskan soal manfaat punya postur yang baik. Berikut adalah manfaat menjaga postur tubuh yang baik:

Menjaga tulang dan sendi dalam posisi tepat

Pertama, postur yang baik itu menjaga tulang dan sendi dalam posisi yang benar sehingga otot kita digunakan dengan benar juga. Kemudian, postur yang benar jugamengurangi pemakaian permukaan sendi abnormal yang dapat menyebabkan artritis degeneratif dan nyeri sendi.

Mengurangi stres pada ligamen

Postur yang baik juga mengurangi stres pada ligamen yang menyatukan sendi tulang belakang. Ini bisa meminimalkan kemungkinan cedera.

Membuat otot bekerja lebih efisien

Postur tubuh juga sangat berperan untuk otot bekerja lebih efisien. Postur tubuh yang baik secara jangka panjang  memungkinkan tubuh menggunakan lebih sedikit energi. Kita bisa rentan mengalami kelelahan otot.

Postur kita juga memengaruhi ketegangan otot. Bila melatih postur yang baik, kita bisa terhindar dari gangguan penggunaan berlebihan, bahkan sakit punggung dan otot.

Membuat kita lebih bahagia

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Behavior Therapy dan Experimental Psychiatry, pasien dengan depresi ringan hingga sedang, merasa lebih waspada setelah menjaga punggung dan bahu tegak saat duduk. 

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Biofeedback menemukan bahwa partisipan yang membungkuk saat berjalan merasa lebih tertekan –secara mental. Ketika mereka bergeser ke posisi yang lebih tegak, tingkat energi mereka meningkat.

Jadi, latihlah postur tubuh terbaikmu. Kurangi membungkuk dan biasakan untuk berdiri atau duduk lebih tegak. Jangan lupa untuk sesekali berdiri dan melakukan peregangan. Ingat, duduk terlalu lama, tidak baik untuk kesehatan.

Related posts

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *