Women

4 Hal dalam pertemanan yang bikin kamu nggak seru atau jadi benalu

Weekend di rumah Santai sejenak dengan 6 film ringan rekomendasi Stikynote

Pertemanan itu memang susah-susah gampang. Kalau kamu butuh dimengerti teman, maka kamu juga perlu mengerti mereka. Semacam timbal balik, yang sebenarnya jadi kunci dalam pertemanan kamu. Kalau tidak bisa mengimbangi kebaikan mereka, tidak ada alasan mereka untuk tetap berteman dengan kamu. Begitu pun sebaliknya. Setuju?

Coba sekarang kamu lihat keadaan dirimu. Apakah masih banyak teman yang mengajak kamu hangout? Mungkin kamu malah jadi orang yang diasingkan; tidak diajak nongkrong padahal ada tuh foto nongkrong mereka.

Oh, mungkin mereka menganggap kamu itu nggak seru; atau lebih parahnya benalu. Sebenarnya, ada beberapa hal yang kamu lakukan tanpa sengaja yang bisa bikin teman-teman bete. Mari mengecek personaliti kamu kembali. Berikut adalah beberapa hal yang bisa bikin kamu dianggap tidak seru:

Sering cancel last-minute

Pertama, teman-teman kamu itu bukan penumpang ojek online! Semakin berumur, kamu akan sulit menentukan waktu untuk berkumpul bersama. Maka itu, hargai juga waktu berkumpul yang biasanya telah disepakati bersama.

Iky tahu, mungkin sebagian dari kamu akan memilih “Ya sudah, iyain dulu,” tanpa benar-benar mengecek jadwal. Pastikan hari kalian janjian memang kosong, dan langsung book jadwal tersebut. Ketika ada jadwal tiba-tiba di hari H, kamu bisa bilang bahwa kamu sudah ada jadwal bertemu lainnya.

Perasaan di-reschedule itu bisa memberikan makna kalau teman-teman kamu itu tidak terlalu penting. Mereka akan merasa bahwa kamu tidak ingin menghabiskan waktu bersama teman-temanmu itu. Jadi, pikirkan sebelum re-schedule!

Baca juga: Kamu perlu gosip untuk kebaikan psikologis kamu!

Menunggu teman untuk meneleponmu

Hubungan apapun itu perlu di-maintain, begitu pun pertemanan. Kalau dalam geng pertemanan, mereka selalu memulai inisiatif untuk mengajakmu jalan; mereka mungkin berpikir kalau kamu kurang menghargai pertemanan seperti yang mereka lakukan. Coba untuk mengajak mereka bertemu lebih dulu dan pilih tempat nongkrong-nya.

Editor’s Guide: Tempat nongkrong di Jakarta favorit geng Stikynote

Kamu menghindari perubahan dalam pertemanan

Setiap orang mengalami perubahan, itu yang membuat pertemanan harusnya berjalan dinamis. Kalau menemukan circle-mu ternyata jadi sulit bertemu atau jarang mengobrol, coba untuk tidak ngejudge dan lakukan inisiatif untuk berkumpul.

Hindari untuk jadi orang yang terlalu mengikat atau terlalu menggantungkan diri kepada teman-temanmu. Mereka juga mungkin butuh waktu sendiri atau mingle dengan orang-orang baru.

Terlalu jahat kalau ngasih saran

Kamu mungkin terlalu sayang sama teman kamu sehingga tidak ingin melihatnya jatuh terlalu dalam. Tapi, ini membuat kamu cenderung ‘galak’ dengannya. Coba saja perhatikan, seberapa banyak kamu bilang jangan, tidak, atau bagaimana kalau… (kemudian memaparkan kemungkinan negatifnya).

Keadaan seperti ini akan membuat mereka jadi kurang nyaman berteman denganmu. Terlebih lagi, mungkin kamu harus memberikan temanmu ruang untuk kesalahan. Kalau pun mereka datang kepadamu dan bilang kalau mereka salah, terima dan dengarkan curhatannya. Barulah di belakang kamu nasehati sedikit supaya mereka tidak jatuh ke lubang yang sama.

Baca juga: Bagaimana seharusnya membangun percakapan yang asyik di Tinder

Itu dia soal pertemanan. Tidak terlalu susah, tapi terkadang agak ribet. Biar bagaimana pun, hargai pertemanan yang masih ada, ya! Bukan tak mungkin kalau kelak kalian tidak terlalu sedekat sekarang. Segera, gih, ajak kumpul teman-teman kamu!

4 Hal dalam pertemanan yang bikin kamu nggak seru atau jadi benalu was last modified: August 21st, 2018 by Admin